KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA MANGGA DAN MALING KECIL KARYA SREEDEVI GOPAKUMAR

Alda Rizki Amalia, Mareta Noor Ahadiya, Taufiq Hanafi, Rachmalia Arsyl Azzim, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai personal dan nilai pendidikan yang terkandung pada cerita anak, yakni cerita Mangga Dan Maling Kecil. Cerita Mangga Dan Maling Kecil memiliki banyak pesan moral untuk para pembaca. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai personal dan nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita Mangga Dan Maling Kecil. Adapun nilai personal yang dikaji dan dibahas mencakup kejujuran, empati, pengampunan. Sedangkan nilai pendidikan yang dikaji dan dibahas mencakup keadilan dan kerjasama. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian untuk mengidentifikasi nilai personal dan pendidikan dalam cerita Mangga dan Maling Kecil. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan diskusi terfokus (Focus Group Discussion), yaitu upaya menemukan makna sebuah isu oleh sekelompok orang lewat diskusi untuk menghindari diri pemaknaan yang salah oleh seorang peneliti. Artikel ini akan membahas tentang nilai personal dan nilai pendidikan yang terkandung dalam buku cerita Mangga dan Maling Kecil.Buku ini menceritakan kisah seorang anak kecil yang berhadapan dengan pencuri yang mencuri buah mangga dari kebunnya. Dalam cerita ini, terdapat beberapa nilai personal dan nilai pendidikan yang dapat diambil.


Keywords


nilai personal; nilai pendidikan; buku cerita; mangga dan maling kecil

References


Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11

Fauzi, Z. A. (2016). Pengembangan Cerita Anak Berwawasan Budi Pekerti Bagi Pendidikan Karakter. Journal of Primary Education, 1(1), 77–81.

Fuadia, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131

Sari, N. A., & Yusriansyah, E. (2021). Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel. Journal Sesanti, 179–191.

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. November.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.