PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGURANGAN MATEMATIKA KELAS 1 SD 2 GONDOSARI

Virka Arditya Pramesti Maharani, Faris Yusuf Maulana, Niken Aulia Ristiyanti, Fatih Rizqi Rahardhani, Ayu Dea Ananda R, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran papan pengurangan pada mata pelajaran matematika kelas 1 SD 2 Gondosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep pengurangan dan keterampilan matematika siswa. Penelitian ini mengadopsi model R&D (Research and Development) berdasarkan pendekatan Borg and Gall. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas 1 untuk mengevaluasi keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran papan pengurangan ini telah memenuhi kriteria layak dengan memperoleh persentase 92% dari ahli media. Sedangkan untuk respon siswa menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dengan persentase posttest sebesar 98,57%. Berdasarkan hasil pretest dan posttest didapatkan adanya peningkatan nilai posttest siswa, dan diperoleh N-gain dengan kategori tinggi 12 orang, tetap 8 orang, rendah 1 orang dengan selisih pretest dan hasil post-test sebesar 5,07% maka dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung pengurangan siswa kelas I SD 2 Gondosari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media papan pengurangan layak digunakan pada siswa kelas I SD 2 Gondosari dan dapat meningkatkan keterampilan berhitung pengurangan siswa.


Keywords


Media Pembelajaran Papan Pengurangan; Matematika; Kelas 1

Full Text:

PDF

References


Adnas, D. A. (2023). Analisa dan Pengembangan Visual Branding dengan Pendekatan R&D: Studi Kasus Barbershop. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 352-366.

Andrianto, R. (2017). Pengembangan Alat Peraga Edukatif Mistar Bilangan Bulat (Misbilbul) Mata Pelajaran Matematika Untuk Kelas IV SDN Golo. E Journal, VI, 536–544.

Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Liunima, D. Y. (2022). Pengembangan Media Pecahan Sebagai Alternatif Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. 2(2), 26–34.

Pratama, A. B. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Pendidikan Guru Seolah Dasar, 8(7), 667–676.

Rabiah, S. (2018). Pengembangan Materi Ajar Bahasa Makassar berbasis Nilai- Nilai Karakter dan Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Kota Makassar. Jurnal AlphaEuclidEdu, 4(1), 1–18.

Runtukahu, J.T. & Selpius, K. (2004). Pembelajaran Matematika bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukmadinata, N.S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.