POLA KECERDASAN NATURALIS DALAM PEMBELAJARAN OUTING CLASS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JEKULO

Shilyatul Aulya, Shinta Aulia Annisa, Tiara Indria Sari, Nur Fajrie

Abstract


Setiap peserta didik memiliki pola kecerdasan yang berbeda pada indikator dan kualitasnya. Hal ini menyatakan bahwa semua peserta didik cerdas, hanya saja terdapat perbedaan yang terletak pada suatu indikator dan kualitas kecerdasannya. Artikel ini memiliki tujuan untuk menerapkan pembelajaran outing class terhadap pola kecerdasan naturalis peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, serta teknik penelitiannya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan spesies tumbuhan dan hewan yang berbeda dari satu lingkungan. Dengan pembelajaran outing class diharapkan dapat membantu siswa menghargai perbedaan, menjadi lebih berempati, dan memahami nilai-nilai positif melalui teladan kehidupan nyata. Dalam penerapannya pasti ada faktor pendukung dan penghambatnya.


Keywords


naturalis; outing class; kecerdasan; pola; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling م ٥ م ٤ ع ل م ٱ ِ ٱ َّ ل ِ ي ع ل م ب ِ ٱ ل ق ل ِ ۡ ل ﺳﻦ ن م ا ل م ي ع ل. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1349–1358.

Darma, A., Nababan, S. A., & Alkhairi, F. (2022). Penerapan Outing Class Pada Pembelajaran Sejarah Di Madrasah Aliyah Tahfizihil Qur’an.

Keguruan, 10(1), 20–24.

Darmisih, E. S., & Fajrie, N. (2021). Strategi Penerapan Kecerdasan Natural Berbasis Audio Visual Pada Masa Covid-19 Di Kb Pertiwi Bersinar. Digital Learning Untuk Pembangunan Berkelanjutan Menuju Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1, 13–18. https://pgsd.umk.ac.id/files/semnas-pgsd-umk- 2021/13-18-endang-setiyo-darmisih.pdf

Daviq, C. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9.

Ekayanti, Y. (2014). Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Tentang Lingkungan Prasekolahanak Usia 5-6 Tahun Tk Lkia Iii Pontianak. Artikel Ilmiah, 13.

Fitria, L. M. (2020). KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) ANAK USIA DINI MENURUT HOWARD GARDNER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(3), 119–131.

Ismail, A. (2018). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI DI KABUPATEN LUWU TIMUR

PROVINSI SULAWESI SELATAN. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 16–29.

Kesuma, S., & Kaban, T. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Outing Class pada Mata Pelajaran PKn di SMA Plus Al-Azhar Medan.

MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 421–430. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.5741

Moshinsky, M. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Octrianty, E. (2021). Bimbingan Melalui Pembelajaran Outing Class Untuk Melatih Gerak Motorik dan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini.

EduChild : Majalah Ilmiah Pendidikan, 2, 9–18.

Purdiyanto, Istapra, E., Kusumah, R. G. T., & Walid, A. (2021). Increasing Students’ Learning Outcomes Through the Implementation of Outing Class Strategy in Natural Science Subject. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020), 532(532), 377–381. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.063

Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839

Rizkia, N., Hayati, F., & Amelia, L. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Kinetik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 Tk Pertiwi Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–12.

Travelancya, T. (2021). Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4 - 5 Tahun Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 65–81.

Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 31–50. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03


Refbacks

  • There are currently no refbacks.