PENINGKATAN HASIL BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN SIKLUS AIR MATERI IPA KELAS 5 SDN 7 GONDOSARI

Ilana Anggita Uliyanti, Sri Wulandari, Silviana Aisyah, Vannesa Anggun Dewanthi, Shoumul Lail Sufiana, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi siklus air sudah mencapai hasil optimal, hal ini dikarenakan proses pembelajaran menggunakan media kongkrit yang tepat yaitu papan siklus air. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran siklus air untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Tujuan penelitian lebih mendorong hasil tingkat kelayakan media yang dibuat dan mengukur media pada hasil belajar IPA materi siklus air di kelas V SDN 7 Gondosari. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Penelitian ini dilakukan pada kelas V SDN 7 Gondosari dengan jumlah siswa 34 orang. Kelayakan media diperoleh dari penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media dalam pembelajaran IPA, media yang dikembangkan terbukti valid berdasarkan hasil validasi media oleh para ahli dan praktisi. Persentase rata-rata yang didapatkan dari ahli media memperoleh skor 75%, dimana skor 75% masuk dalam kategori layak. Media pembelajaran juga dapat diterima terbukti dengan respon siswa yang sangat antusias ketika proses pembelajaran berlangsung. Nilai KKM yang digunakan yaitu 75. Kemudian persentase ketuntasan yang didapatkan dari pretest mencapai 53% dengan rata-rata nilai 76,4706. Sedangkan pada posttest mengalami peningkatan ketuntasan yang mencapai 91% dengan rata-rata nilai 85,8824. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran siklus air efektif meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 5 SDN 7 Gondosari Gebog.


Keywords


Hasil belajar; Media pembelajaran; Siklus air; Materi Ilmu Pengetahuan Alam

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2009). Evaluasi program pendidikan : Pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN.

Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 129-150.

Meredith D. Gall, W. R. (1983). Educational Research: An Introduction. London: Longman.

Saputro, C., Hartini, & Suswantini. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPA MENGUNAKANALAT PERAGASIKLUS AIR SEDERHANA PADA SISWA KELAS V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1091-1099.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuniarsih, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Diorama. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 379-384.

UU Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 Ayat 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.