ANALISIS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG PENGETAHUAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Riya Ma'alya Nakhlah, Sagita Shofa Az-Zahrah, Salsabila Nailul Muna, Oktaviana Dwi Rahmadhani, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Media pembelajaran adalah strategi atau konsep yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), menyiapkan materi pembelajaran, dan memandu pengajaran di kelas.Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan kantong pengetahuan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran PKn kelas IV di SDN 4 Getas Pejaten.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Metode kualitatif adalah jenis metode penelitian yang menggunakan deskripsi, semua aktivitas, objek, proses, dan subjek penelitian. Informasi yang dihasilkan adalah gambaran umum dalam bentuk narasi teks, yang menjelaskan secara keseluruhan tentang data yang telah terkumpul. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru masih menggunakan metode mengajar dengan model ceramah sehingga pembelajaran masih tampak membosankan, sehingga perlu adanya inovasi dari media pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar dan menjadikan pengalaman belajar anak yang seru dan menarik. Media kantong pengetahuan bertujuan untuk mengasah pengetahuan anak tentang materi PKn yaitu Budaya Indonesia. Dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar PKn melalui media tersebut. Dalam penelitian ini ternyata SDN tersebut dilengkapi dengan sarana yang memadai untuk memanfaatkan serta meningkatkan penggunaan media pembelajaran. seperti sudah tersedia proyektor, gambar/pilar-pilar pengetahuan dan fasilitas lainnya. Namun fasilitas tersebut belum digunakan secara maksimal karena kendala waktu dalam proses pembelajaran


Keywords


Media Pembelajaran; PKn; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Kerjasama: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 485–493.

Akhir, M., Agus, M., & Sanytiara, W. (2021). Pengaruh Penggunaan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajaran,

(1), 1–16.

Bahan, S., Nadziroh, & Chairiyah. (2021). Pengembangan Media Pakapin Dalam Pembelajaran Tematik Muatan Ppkn Pada Siswa Kelas Ii Sd Pangudi Luhur St. Aloysius Sedayu. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1259–1263.

https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11134

Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (n.d.). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube ( Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana ). 495–502.

Huda, K. W., & Rohmiyati, Y. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Media Buku Cerita Bergambar di SD Negeri Wotan 02 Kecamatan

Sukolilo Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 117–126. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26864

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS

IV SDN NOMOR 14 SIMBOLON PURBA. SEJ (School Education Journal), 8(2), 112.

Irdianti, P. R., Putrini, L. P. M., & Widiana, I. W. (2020). Hubungan Minat Belajar dan Perilaku Empati Terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnl Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 459–472.

Iriyanto, T. (2015). The Effect of Flannel Pocket Media Utilization toward the Ability of Summation Computation For Student with Hearing Impairment ( Pengaruh Penggunaan Media Kantong Flanel terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Siswa Tunarungu 1 ). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 50–56.

Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School

Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970

Mufatikhah, N., Rondli, W. S., & Santoso. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. Jurnal Educatio, 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Muslim, A. (2020). Media Pembelajaran PKN Di SD (R. Nur Briliant & N. Falahia (eds.)). Penerbit CV. Pena Persada.

Rini Kusumaningpuri, A., & Khoirurrosyid, M. (2017). Implementasi Google Classroom Dengan Akun Belajar.id Di Masa Pandemi Covid-19 Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 6, No, 40–53.

Rondli, W. S., & Mutofifin, M. (2022). The Effect of Think Pair Share (TPS) Learning Model on Understanding Pancasila Values in Grade VI Elementary School. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 45–52.

Sadiman, A. S. dk. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, V(1), 5.

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209. https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(1), 240. http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD%0Ayang%0Ahttp://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/75%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/29825-ID-perbedaan-hasil-belajar-siswa-menggunakan-metode- pembelajaran-kooperatif-tipe-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.