PENGGUNAAN MEDIA POSTER DALAM PEMBELAJARAN PPKn SISWA SD KELAS 5

Jessica Dhiya ‘Ulhaq, Heny Oktaviana, Fermana Valen Aguilera, Ashfa Al Abid, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat cara peserta didik dalam menanggapi proses belajar dengan bantuan media poster dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Terdapat hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurangnya penerapan media pembelajaran mengenai Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terutama materi keberagaman budaya di Indonesia. Pada penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode kualitatif dengan terjun langsung dan mengumpulkan hasil serta menyampaikan proses pembelajaran menggunakan media poster pada siswa kelas V secara langsung. Subjek yang digunakan dalam metode kualitatif yaitu siswa kelas 5 yang berjumlah 3 anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan proses belajar dengan media poster atau yang biasa dengan sarana buku dan papan tulis. Penggunaan media poster dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berdampak baik bagi murid ketika proses belajar berlangsung. Diperoleh informasi bahwa 90% peserta didik di kelas 5 menyetujui dan menyukai proses pembelajaran menggunakan media poster pada pelajaran PPKn. Peserta didik memberikan respon yang baik dan mendukung terhadap pembelajaran menggunakan media poster karena menyenangkan.


Keywords


media pembelajaran; poster; ppkn

Full Text:

PDF

References


Anindya, K., Jatmikawati, M. and Madiun, U.P. (2023) ‘Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Siswa Sekolah Dasar’, 9(2), pp. 666–672. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4509

Carolus Borromeus Mulyatno (2022) ‘Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ` ۡ¸ ل ق ل ٱ ۡ¸ ب م ل ع ي ۡ¸ ل ۡ’ ۡ´ ٱ ۡ¸ ٱ م ل ع ٤ م’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, pp. 1349–1358.

Eb, E. et al. (2021) ‘No Title’, IV.

Emmett Grames (2020) ‘No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title’, p. 14. Available at: https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm- 3d-printing-simply-explained/

Intaha, A.M., Saputra, Y.M. and Mulyana, M. (2020) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Poster dan Video Terhadap Penguasaan Keterampilan Pencak’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), pp. 145–153. Available at: https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.20212

Al Mawaddah, A.W. et al. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3109–3116. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288

Mufatikhah, N. and Rondli, W.S. (2023) ‘Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD’, 9(2), pp. 465–471. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Nurfadillah, S. et al. (2021) ‘pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “perubahan wujud zat benda” kelas V di sdn sarakan Ii tangerang’, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), pp. 117–134. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Putri, C.F. and Saputra, E.R. (2022) ‘Penggunaan Media Poster dalam Pembelajaran PPKn di Kelas Tinggi’, Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), p. 127. Available at: https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.12807

Ramdhani, S. et al. (2019) ‘Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), p. 153. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

richard oliver ( dalam Zeithml., dkk 2018 ) (2021) ‘済無No Title No Title No Title’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7, pp. 2013–2015.

Susanto, A. and Radiallahuanha, D. (2021) ‘Pengaruh Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik’, Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(2), p. 101. Available at: https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.10187


Refbacks

  • There are currently no refbacks.