PERAN GURU PPKn DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA SD NEGERI 02 PANJANG KUDUS

Henni Puji Astuti, Adinda Kadwi Laela Putri, Ary Delia Maqfiroh, Liftiya Ayu Lestari, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Tujuan: penelitian ini untuk mengekspresikan peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam penguatan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Panjang Kudus.

Desain/metode/pendekatan: Metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kelas. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan keabstrakan data menggunakan manipulasi kemudian dianalisis dengan cara redaksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian: Dalam penelitian ini peran guru menjadi model dalam pengulasan karakter, selain itu guru juga menyampaikan materi terkait nilai, moral dan karakter. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru penting dalam mendidik, mengajarkan dan membimbing proses perkembangan peserta didik dalam penguatan pendidikan karakter dengan cara merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menerapkan nilai-nilai karakter melalui proses penyampaian pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran dan mengajar dalam kelas tentunya ada kendala ataupun dukungan terhadap peranan seorang guru dalam penguatan pendidikan karakter. Faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan pendidikan karakter siswa namun juga mempunyai solusi untuk mengatasinya. Guru disarankan untuk lebih kreatif dalam merancang melaksanakan pembelajaran dan membangun hubungan komunikasi antara siswa dan guru untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif guru lebih mudah dalam penguatan pendidikan karakter.


Keywords


Peran Guru; Pendidikan Kewarganegaraan; Karakter

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metode+penelitian+kualitatif&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_ mobile_search&ov2=1&sa=X&ved=2ahUKEwjhsYSP1Lj_AhUf8TgGHZS- ACYQ6AF6BAgEEAM#v=onepage&q=metode penelitian kualitatif&f=false

Anggraeni, P. N., Ismaya, E. A., & Rondli, W. S. (2022). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Pada Pandemi Covid-19 Di Sdn Karaban 01. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 4053–4060. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3056

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Buan, Y. A. L. (2020). Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. https://books.google.co.id/books?id=nOcREAAAQBAJ&pg=PA32&dq=guru+dan+pendidikan+karakter+sinergitas+peran+guru+dalam+menanamkan+nilai- nilai+pendidikan&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_searc h&ov2=1&sa=X&ved=2ahUKEwiL4Iufw7j_AhX2 TgGHftBBcMQ6AF6BAgCEAM#v=onepage&q=guru dan pendidikan karakter sinergitas peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan&f=false

Cahyani, K., & Dewi, D. A. (2021). Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mencegah membentuk karakter peserta didik agar menciptakan siswa yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 268–281. eprints.ums.ac.id/26682/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Fauziah, M., Prasetiawan, H., Handaka, I. B., & Muyana, S. (2021). Usaha Pemberian Layanan Yang Optimal Guru BK Pada MAsa Pandemi Covid-19. https://books.google.co.id/books id=Jzk1EAAAQBAJ&pg=PA406&dq=Peran+G uru+Pendidikan+Kewarganegaraan+Dalam+Layanan+Bimbingan+dan+%0AKon seling+untuk+Mengembangkan+Karakter+Siswa.&hl=id&newbks=1&newbks_re dir=0&source=gb_mobile_search&ov2=1&sa=X&ved=2ahUKEwi9xM67xLj_Ah Xs-TgGHRIxAoYQ6AF6BAgDEAM#v=onepage&q=Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Karakter Siswa.&f=false

Inriani, N. (2018). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Karakter Semangat Kebangsaan Peserta Didik. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian- Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1–126.

Maharani, M. S., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Analisis Integrasi Nilai- Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD 3 Robayan. 6(April), 2519–2526.

Mardati, A., Sukma, H. H., Martaningsih, S. T., Maryani, I., & Agustin, N. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswaa. https://books.google.co.id/books?id=Njs1EAAAQBAJ&pg=PA468&dq=peran+g uru&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ov2=1&sa=X&ved=2ahUKEwiU6MHYwbj_AhX4TGwGHUbFAAAQ6AF6BAgHEAM#v=onepage&q=peran guru&f=false

Mutia. (2021). CHARACTERISTICS OF CHILDREN AGE OF BASIC EDUCATION. 3, 114–131.

Rubei, M. A. (2015). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MTS. MATHLAUL ANWAR KOTA PONTIANAK. INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MTS. MATHLAUL ANWAR KOTA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Sosial Sosial Horizon, 2(2), 198–212.

Ruliati, Mulyani, S., Ambarwati, N., Evaretta, R. A., Rusmini, Sylvia, I. L. A., Nahampun, J., Prasetya, P. A., & Arisanti, V. V. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Merdeka Belajar. https://books.google.co.id/books?id=T4VTEAAAQBAJ&pg=PT2&dq=Ruliati,+S.H.,+.+2021.+Penguatan+Pendidikan+Karakter+(PPK)+di+Sekolah+Merdeka+Be lajar.+Palembang+:+CV+Interactive+Literacy+Digital&hl=id&newbks=1&newb ks_redir=0&source=gb_mobile_search&ov2=1&sa=X&ved=2ahUKEwjE-9b- vbf_AhVN7TgGHSuIBBMQ6AF6BAgFEAM#v=onepage&q=Ruliati%2C S.H.%2C . 2021. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Merdeka Belajar. Palembang %3A CV Interactive Literacy Digital&f=false

Triwahyuningsih, A, D. B., & Aulia, S. S. (2021). Bangga Menjadi Guru Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Untuk Pembentukan Karakter di Era Generasi Z. https://books.google.co.id/books?id=1WE1EAAAQBAJ&pg=PA195&dq=Bangg a+Menjadi+Guru+Pendidikan+Pancasila+dan+Kewarganegaraan+(PPKN)+untu+Pembentukan+Karakter+di+Era+Generasi+Z,&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ov2=1&sa=X&ved=2ahUKEwi5oqS5w7j_AhUh-jgGHddJBawQ6AF6BAgBEAM#v=onepage&q=Bangga Menjadi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) untuk Pembentukan Karakter di Era Generasi Z%2C&f=false

Ubaedillah, A. (2017). Pancasila Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. https://books.google.co.id/books?id=gFc_DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Urgensi+Pendidikan+Kewarganegaraan+sebagai+Pendidikan+Karakter+Bangsa+Indonesia+melalui+Demokrasi,+HAM+dan+Masyarakat+Madani.&hl=id&newb ks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ov2=1&sa=X&ved=2ahUKE wi9go_-zrj_AhVXwTgGHWDJBYoQ6AF6BAgEEAM#v=onepage&q&f=false

Waidl, A., Usman, A., Asroni, A., Gazali, H., & Kholiluddin, T. (2021). Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. http://www.fkip.unsyiah.ac.id/wp- content/uploads/2015/06/Hasil-Tes-Online-2015.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.