KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA AYAM PEMARAH KARYA URSULA NAFULA

Maryam Aulia Khoir, Agti Fiana Qoirul Ananta, Budi Nur Ismail, Septian Zuhri Kuncoro, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) nilai - nilai personal dan (2) nilai pendidikan yang terkandung dalam buku cerita "Ayam Pemarah " karya Ursula Nafula. Cerita ini memiliki banyak pesan moral yang penting bagi pembaca khususnya anak-anak, terutama dalam hal karakter dan alur ceritanya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah cerita "ayam pemarah " Karya Ursula Naufa, sedangkan data penelitian ini adalah kata - kata, kalimat, dan paragraf yang mencerminkan nilai personal dan pendidikan dalam cerita tersebut. Teknik atau cara pengumpulan data yang di dapat melalui studi pustaka dengan cara mengumpulkan referensi atau acuan yang relevan dan naskah dari cerita fabel “ ayam pemarah”. Hasil dari penelitian menjabarkan dalam buku cerita fabel Terbitan Badan Pengembangaan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi yang berjudul “Ayam Pemarah” bahwa pertama, memiliki kontribusi nilai personal, meliputi aspek perkembangan dan pertumbuhan, perkembangan emosional, perkembangan intelektual, pertumbuhan rasa sosial, pertumbuhan etis dan religious. Kedua, terdapat nilai pendidikan dalam cerita fabel tersebut meliputi nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab, dan nilai kerjasama, dan peningkatan literasi pada anak.


Keywords


Sastra anak; cerita fabel; nilai personal; nilai pendidikan; literasi anak

Full Text:

PDF

References


Aisah, Bahja Bastulbar, P. R. N. dan S. S. R. (2019). Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Melalui Media Dongeng Fabel Dan Permainan Rantai Benda. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Sasindo Unpam 2019, 1–9.

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467

ANNET, N., & Naranjo, J. (2014). nilai kerjasama. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Aprilia, N., & Syaiful Rizal, M. (2022). Fabel Bahan Literasi Anak Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sdn Mragel Lamongan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 477–490. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6507

Astawa, N. L. P. N. S. P. (2019). Buku Cerita Fabel Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 4(2), 126–143.

Budiman, A., Wahyuni, H. I., & Radius Setiyawan. (2022). Keywords: ecocriticism, fable, literature. 8, 1–8.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116–119. MaspaMakkawaru@gmail.com

Rahayu, R. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Nilai Tanggung Jawab pada Siswa Kelas III SD 1 Pedes Sedayu Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(5), 152–160.

Safari, D. M. (2018). Novel Belantik Karya Ahmad ToharI “Pendekatan Sosiologi Sastra.” Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 183. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.928

Sania Putriana, Neviyarni, I. (2021). Perkembangan Intelektual pada Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2019), 1771–1777. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1173/1051

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157– 170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206


Refbacks

  • There are currently no refbacks.