NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA KARYA ANURADHA ANNAYA SEBAGAI BAHAN AJAR

Nafisa Junita Kurniawati, Sabrina Ratih Kusumaningrum, Maulida Salsabila Cahyaningtyas, Arif Budi Prasetya, Rani Setiawaty

Abstract


Cerita memiliki potensi besar sebagai media pengembangan kemampuan anak. Karya sastra memiliki kontribusi nilai personal dan pendidikan yang penting untuk dikenalkan pada anak-anak sebagai generasi penerus. Penelitian ini bertujuan untuk membahas (1) nilai personal, (2) nilai pendidikan, dan (3) manfaatnya bagi anak sekolah dasar. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian untuk mengidentifikasi nilai personal dan pendidikan dalam cerita Kisah Sapi Pintar yang Angkuh dan Kereta Api Kecil karya Anuradha Annaya. Teknik analisis isi digunakan untuk mengklasifikasi, menginterpretasi, dan membuat kesimpulan terhadap data yang dikumpulkan melalui deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa analisis wacana. Peneliti memulai dengan membaca, pengumpulan data, menganalisis nilai pendidikan dan nilai personal, kemudian membahas dan menyimpulkan. Hasil penelitian ditemukan bahwa Pertama, terdapat nilai personal yang meliputi perkembangan emosional, perkembangan intelektual dan pertumbuhan rasa sosiall. Kedua, nilai pendidikan yang meliputi nilai kesabaran, kerja sama, dan kemandirian. Ketiga, manfaat buku ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar pada materi cerita anak di sekolah dasar.


Keywords


cerita anak; kontribusi; nilai pendidikan; nilai personal; bahan ajar

References


Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). Analisis cerita rakyat. Jurnal Ilmu Budaya, 3(3), 246–257.

Kanzunnudin, M. (2021). Nilai Sosial dalam Cerita Lisan “Mbah Suto Bodo” di Kabupaten Pati. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 152. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i1.9033

Kirani, G., & Tutul, B. (n.d.). Kajian Sastra Anak : Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. 29–35.

Manurung, K. (2021). Mencermati penggunaan metode kualitatif di lingkungan sekolah tinggi teologi. 1(1), 285–300.

Melus, T., & Okky, K. (2021). p-ISSN: 2685-2756 e-ISSN: 2776-9992

http://eprosiding.fib-unmul.id/index.php/sesanti Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel. 179– 191.

Moloeng, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nafisa, N. N., Kanzunnudin, M., & Roysa, M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 111–124. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3705

Patria, A., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 561–569. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1368

Pendidikan, K. (n.d.). Level 4 Course.

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Sidik, U. (2012). Narasi Dalam Cerita Bergambar untuk PAUD/TK(Kajian terhadap Muatan Nilai Personal dan Edukatif). Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(1), 93. https://doi.org/10.14421/ajbs.2012.11105

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). Kontribusi sastra anak bagi perkembangan nilai personal anak dalam buku cerita anak indonesia. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta.

Wardani, T. D. (2018). Nilai Personal Dalam Cerita Palaya Subetnik Katingan (Personal Values in Story of Palaya From Katingan Subethnic). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 8(2), 147. https://doi.org/10.20527/jbsp.v8i2.5503


Refbacks

  • There are currently no refbacks.