KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN BUKU TIGA KOTAK HARTA WARISAN KARYA ANGESOM ABADI

Isnaini Khalimatus Sa’diyah, Ahmad Rifky, Tiara Noor Rohmah, Septina Berlian Nustradamus, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini berfokus pada analisis nilai personal dan nilai pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini ialah cerita anak berjudul Tiga Kotak Harta Warisan karya Angesom Abadi. Data penelitian berupa paragraf dan kalimat pada cerita anak tersebut. Pengumpulan data berupa dokumentasi dengan teknik analisis berupa analisis isi. Adapun langkah-langkah pada penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, analisis nilai pendidikan dan nilai personal, pembahasan dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai personal meliputi perkembangan emosional, perkembangan intelektual, pertumbuhan sosial, dan pertumbuhan rasa etis. Sedangkan pada nilai pendidikan meliputi aspek nilai demokratis, jujur, keadilan, rasa ingin tahu, komunikatif serta cinta damai. Melalui cerita ini anak – anak tidak hanya terhibur, namun dapat menjadikan cerita anak sebagai pembelajaran dalam meningkatkan kualitas diri secara personal maupun pendidikan.


Keywords


nilai; personal; pendidikan; anak; cerita anak

Full Text:

PDF

References


Aryanto, S., Widiansyah, A., & Markum. (2019). Kreativitas dalam Pembuatan Sastra Anak Berbasis Ecopreneurship. Indonesian Journal of Primary Education Kreativitas, 3(2), 83–90.

Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11

Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). ANALISIS CERITA RAKYAT MIADUKA DITINJAU DARI KAJIAN SASTRA ANAK. Jurnal Ilmu Budaya, 3(3), 246–257.

Faidah, C. N. (2018). Dekonstruksi Sastra Anak: Mengubah Paradigma Kekerasan Dan Seksualitas Pada Karya Sastra Anak Indonesia. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 126–139. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2458

Farahiba, A. S. (2019). Eksistensi Sastra Anak Dalam Pembentukan Karakter Pada Tingkat Pendidikan Dasar. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i1.313

Febriola, O. (2021). ANALisis NiLAi peNDiDikAN pADA CeriTA ANAk peTANi YANG Baik HATi” ANALYSIS OF THE VALUE OF EDUCATION IN THE CHILDREN’S STORY OF “GOOD HEART FARMER.” LINGUA Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 17(2), 165–169.

Hafizah, Rahmat, A., & Rohman, S. (2022). PEMBELAJARAN SASTRA ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. METALINGUA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Berangkat, 7(2), 137–144.

Juanda. (2018). REVITALISASI NILAI DALAM DONGENG SEBAGAI WAHANA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11– 18.

Rogahang, H. J., Massang, B., & Yuniati, E. (2022). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter dari Cerita Rakyat Minahasa melalui Pembiasaan Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6951–6960. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2359

Rosid, A. (2021). Nilai-Nilai Dalam Sastra Anak Sebagai Sarana Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 7–10. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10508

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). KONTRIBUSI SASTRA ANAK BAGI PERKEMBANGAN NILAI PERSONAL ANAK DALAM BUKU CERITA ANAK INDONESIA. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552.

Solihat, I., & Riansi, E. S. (2018). LITERASI CERITA ANAK DALAM KELUARGA BERPERAN SEBAGAI PEMBELAJARAN PEMBENTUK KARAKTER. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 258–271.

Sugiarti, Anam, S., & Khanifah, L. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA ANAK AKU CINTA RAMADHAN SUNTINGAN DELLY RAIN FELLO. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 29–39.

Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.

Trisnawati. (2020). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH DAN AMANATA DALAM CERITA ANAK FABEL KARYA INDIARTI INTAN PUTRI. Basastra, 9(3), 296–310.

Tutul, G. K. B. (2022). KAJIAN SASTRA ANAK : ANALISIS NILAI PERSONAL CERITA RAKYAT TIMUN EMAS. Arkhais, 13(1), 29–36.

Viora, D., Wahyuningsi, E., Surya, Y. F., & Marta, R. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Teks Sastra Anak (Cerita Rakyat Riau). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1058–1066.

Wissang, I. O. (2018). PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN TOKOH KODE AGU BALAK CERITA ANAK LOKAL MASYARAKAT MANGGARAI TIMUR. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(9), 964–975.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.