ANALISIS MINAT BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Niken Ayu Aulia, Nita Fitri Amaliyah, Nurul Faizah, Oktaviana Indah Susanti, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar PKn dengan menggunakan media permainan ular tangga pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan triangulasi teknik. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga untuk menarik perhatian siswa mampu menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Indikator minat belajar siswa ada empat indikator, yaitu perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa. Dengan penggunaan media permainan ular tangga, siswa dapat belajar sambil bermain dan berpartisipasi secara langsung dalam proses pembelajaran PKn di kelas, dapat melatih kognitif siswa, serta melatih siswa untuk bekerja sama. Permainan ular tangga adalah permainan tradisional yang menggunakan dadu untuk menentukan berapa langkah yang harus dijalani bidak atau pemain dan terdiri dari beberapa kotak persegi disertai dengan gambar ular dan tangga.


Keywords


media; ular; tangga; pkn

Full Text:

PDF

References


Agung Wibowo, Aulia Rahman, Muh. Ishaq, Anita Yus, & Aman Simaremare. (2022). Analisis Efektifitas Media Pembelajaran Pkn Terhadap Gaya Belajar Kelas III SD. Journal of Educational Analytics, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.55927/jeda.v1i1.417

Elis, Ulfah, M., & Achmadi. (2017). ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI

IPS Elis, Maria Ulfah, Achmadi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan, Pontianak. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan, 1– 14.

Indriasih, A. (2015). Pemanfaatan alat permainan edukatif ular tangga dalam penerapan pembelajaran tematik di kelas iii sd. Jurnal Pendidikan, 16(2), 127–137.

Lumbantobing, W. L., Silvester, & Dimmera, G. B. (2022). PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERBATASAN. Jurnal Wicida., 26(2), 666–672. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2170

Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA , MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan.

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339

Nurgiansih, H. T. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4902

Nurhayani, N. S., & Hidayanti, M. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA. 3(1), 49–56.

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Pujianto, E. (2020). Analisis deskripsi pembelajaran matematika melalui permainan ular tangga. Jurnal Eduscotech, 1(2), 1–10.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Salam, N., Safei, & Jamilah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo. Al-Ahya, 1(1), 52–69.

Situmorang, A. S., & Siahaan, F. B. (2019). Desain Model Pencapaian Konsep Belajar Mahaiswa Fkip Uhn. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 25(1), 55–61. https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i1.15533

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) (cet 4 tahu). Alfabeta. https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-dan-pengembangan- research-and-development/

Syaparuddin, & Elihami. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 2(1), 68–73.

Winata, H. (2018). Regulasi diri ( pengaturan diri ) sebagai determinan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan ( Self regulated as predictors of student achievement at vocational high school ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 36–43. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454

Yudiyanto, M., Arifillah, M. J., & Ramdani, P. (2022). Penerapan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Murabbi, 1(1), 1–13. http://junal.staisabili.net/index.php/murabbi/index


Refbacks

  • There are currently no refbacks.