ANALISIS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Aminah, Putri Cahyani, Hasnakhul Haniyah, Riana Dewi Puspitasari, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 4 Getas Pejaten. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 4 Getas Pejaten dan guru kelas IV SD 4 Getas Pejaten. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi dapat membuat siswa mempunyai minat belajar pada pembelajaran Pkn dan memudahkan guru dalam proses penyampaian materi. Media pembelajaran video animasi juga mendapatkan respon yang baik dari siswa kelas IV di SD Negeri 4 Getas Pejaten. Siswa juga antusias saat proses pembelajaran menggunakan media video animasi walaupun dalam penggunaannya video animasi mempunyai beberapa kendala tetapi dari guru mengusahakan untuk mengatasi kendala dalam penggunaan video animasi.


Keywords


PKn; Video; Animasi; Minat; Belajar

Full Text:

PDF

References


Cholifah, T. N., Saputro, G. I., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDAM ( VIDEO ANIMASI ) PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 3 SD PENDAHULUAN. Pendidikan dasar bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan das. 2(2), 120–130.

Hadiah Tullah, N., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.587

Husein Batubara, H., & Noor Ariani, D. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif DiSekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 3(14), 12. Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. 2, 97– 104.

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339

Nurdiana Sari, W., Shokib Rondli, W., Khoirun Nisa, U., & Nihayati, I. (2023). Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PPKn di SD Negeri Pulorejo 02. Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 130–134.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Pramanda, S. J., & Asriyanti, F. D. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Media Video Animasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonorejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 5221–5228. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Sanjani, M. A. (2020). TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PROSES PENINGKATAN BELAJAR MENGAJAR. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT. Docx, 21(1), 1–9.

Susilawati, W. O. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbantu Stop Motion pada Subtema 4 Muatan PPKn Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5933–5942.

Syahera, A. (2021). Pengembangan media video animasi “garuda pancasila” untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas 1 sd development of animated video media “garuda pancasila” for class 1. 113–119.

Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212


Refbacks

  • There are currently no refbacks.