KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA LANGKUSE DAN PUTRI RAMBUT PUTIH KARYA BUDI AGUNG SUDARMANTO

Rona Fristi Febbilla, Richa Ria Anika, Uswatun Ni’mah, Mega Ayu Putri Hapsari, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai yang terkandung dalam buku cerita “Langkuse dan Putri Rambut Putih” yang terdiri dari (1) nilai personal dan nilai pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisis data dengan kata-kata. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan naratif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 nilai personal dan 4 nilai karakter yang ditemukan. Nilai personal terdiri atas; (1) perkembangan emosional, (2) perkembangan intelektual, (3) perkembangan rasa sosial, dan (4) pertumbuhan rasa etis dan religius. Nilai karakter terdiri atas; (1) nilai toleransi (2) nilai mandiri (3) nilai peduli sosial (4) nilai tanggung jawab dan (4) nilai menghargai pendapat orang lain. Dengan demikian, buku cerita “Langkuse dan Putri Rambut Putih” dapat digunakan pada pembelajaran di Sekolah Dasar.


Keywords


Sastra anak; Nilai Personal; Nilai Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Andi Fitriani Djollong, A. A. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Ummat Beragama Peserta Didik Untuk Mewujudkan Kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, Viii.

Bulan, A., & Hasan. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan Pkm Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. Https://Doi.Org/10.54371/Ainj.V1i1.11

Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., Ratnaningsih, P. W., Inanna, Mattunruang, A. A., Herman, Nursaeni, Yusriani, Nahriana, Silalahi, D. E., Hasyim, S. H., Rahmat, A., Ulfah, Y. F., & Arisah, N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Tahta Media Group.

Ilham. (2020). Perkembangan Emosi dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. El-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. Https://Doi.Org/10.52266/El- Muhbib.V4i2.562

Kurniawan, A. S., & Asman. (2019). Cerita Rakyat Sebagai Fragmentaris Sastra Anak Dan Kesesuaiannya Dengan Perkembangan Anak. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra, 3, 914–925.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V3i2.142

Ningsi, O., Thahar, H. E., & Zulfikarni. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Anak Terbitan Harian Singgalang Edisi Minggu Periode 2011. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 42–49.

Philipus, N. (2018). Komunikasi Bisnis Yang Etis: Sebuah Tinjauan Kritis.

Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 6(2), 45–58.

Sari, N. A., & Yusriansyah, E. (2021). Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Mata Di Tanah Meluskarya Okky Madasari. Bahasa, 179–191.

Sayono, J., & Nafi’ah, U. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Gagak Rimang. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 9(2), 236–256. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Sejarah-Dan- Budaya/Article/View/1546

Simatupang, Y. J. (2019). Analisis Perkembangan Personal Intelektual Dalam Buku Cerita Anak Sang Piatu Menjadi Raja Karya Halimi Hadibrata. Sastra, 8(5), 55.

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). Kontribusi Sastra Anak Bagi Perkembangan Nilai Personal Anak Dalam Buku Cerita Anak Indonesia. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552. Http://Www.Jurnal.Unsyiah.Ac.Id/Mb

Sugiana, A. (2019). Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Smk Ethika Palembang. Jurnal Pai Raden Fatah, Vol 01 No, 105–116.

Turaeni, N. N. T. (2016). Aspek Moral Dalam Cerita Rakyat Bali “I Tuung Kuning’ Sebagai Sarana Pendidikan Budi Pekerti. Jurnal Bebasan, 3(2), 106–116.

Umar, M. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen Di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 71. Https://Doi.Org/10.36412/Ce.V3i1.909

Umra, J. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Religius Disekolah Yang Berbasisi Multikultural. Jurnal Al-Makrifat, 3.2(2), 155.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.