PENGEMBANGAN PPT INTERAKTIF SATUAN PANJANG UNTUK PENGENALAN KONSEP SATUAN PANJANG SISWA KELAS IV

Hana Rizki Jauharotu Nabila, Intan Najwa Karimatul Khofifah, Imdad Hakim Fatah, Arya Maulana Ramadhan, Rani Setiawaty

Abstract


Kurangnya variasi media pembelajaran matematika menyebabkan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran berkurang. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang bervariasi, salah satunya adalah media yang berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui media power point interaktif untuk pengenalan materi satuan panjang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model Borg and Gall dengan 6 tahap, meliputi analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, soal Post Test. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD 2 Piji sebanyak 14 orang. Hasil penelitian ini adalah 1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa PPT interaktif, 2) kelayakan media pembelajaran PPT yang telah di kembangkan adalah sangat layak dengan presentase 92% dengan rata-rata skor 4,8 dengan kriteria “sangat layak”, berdasarkan penelitian ahli materi dengan persentase 75% dengan rata-rata skor 5 dengan kategori “sangat baik” 3) penilaian guru dengan persentase 91% dengan rata-rata skor 4,5 dengan kriteria “sangat baik” 4) hasil respon peserta didik dengan persentase 82% dengan kriteria “layak”. 5) dari soal pretest menghasilkan rata-rata skor 77 dan soal postest menghasilkan rata-rata skor 92 mendapatkan kenaikan 19%


Keywords


media pembelajaran; powerpoint interaktif; konsep satuan panjang

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., & Anwar, H.(2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (Cet. 2). Amrina, Z., Desfitri, R, Zuzano, F., & Wahyuni, F. (2018). Pembelajaran Matematika Padang: Erka

Hamid, M.A., & dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan:Yayasan Kita

Menulis. Komariyah, Dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Volume 4, Nomor 1. Hlm 43-52.

Maharani, D.D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217-226.

Nugraha, M. F., & dkk. (2020) Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (R. Rosdakarya (Ed), 168.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi

Widyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Genius Prima Media.

Zakariah, M. A., , Afriani, V., & Zakariah, M. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research Research and Development (R and D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.