ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI POWTOON TERHADAP MATA PELAJARAN PPKn DI SDN CANGRING B

Lia Fatmawati, Salha Hamidah, Melinda Khoriyah Ningrum, Muhammad Gilang Ramadhan, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Tujuan Dari penelitian ini adalah menganalisis penggunaan media pembelajaran berbasis powtoon pada mata pelajaran PKn di tingkat Sekolah Dasar. Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu siswa belajar dan mencapai tujuan belajarnya. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memicu minat belajar siswa. Kegiatan belajar mengajar berlangsung dalam suasana yang bersahabat dan menyenangkan. Karena guru tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk membuat bahan pembelajaran yang efektif dan karena mereka tidak mau repot, banyak sekolah dasar terus menggunakan alat pembelajaran yang tidak efektif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana media pembelajaran Powtoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini mencoba mengkaji efektivitas penggunaan media powtoon dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar. Metode studi literatur digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, pemanfaatan sumber belajar Powtoon guna meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas SD sangat berhasil.


Keywords


media pembelajaran; Powtoon; mata pelajaran PKn

Full Text:

PDF

References


Anggita, Zulfah. 2021. “Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia 7(2): 44–52.

Apriliani, Medhitya Alda et al. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran PPKn SD Berbasis Powtoon Untuk Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2): 129.

Fatmawati, Nor Laili. 2021. “Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar Di Masa Pandemi.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 26(1): 65–77.

Hidayati, Fithriyah Nurul, and Nor Laili Fatmawati. 2022. “Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Linguistik Jarak Jauh.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 8(1): 55–67.

Jasadi, Muhammad Ferdian Syaifullah, Nurhidayati Nurhidayati, and Titi Anjarini. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Critical Thinking Skill Pada Sub Tema ‘Manfaat Energi’ Kelas IV Sekolah Dasar.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 2(2): 371–79.

Khoirunnisa, N, and F Robiansyah. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Di Sekolah Dasar. Proseding Didaktis …: 1021–31. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2442%0Ahttp:// proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/download/2442/2260.

Muthmainnah, Anti et al. 2021. “Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Media Powtoon Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6): 5159–68.

Ninawati, Mimin, and Kasyani Tuti. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar PKn Materi Hak Dan Kewajiban Pada Siswa Kelas IV SD.” Journal of Elemantary School (JOES) 5(2): 298–304.

Nurdiana Sari, Wann, Wawan Shokib Rondli, Ummi Khoirun Nisa, and Isyti Nihayati. 2023. “Analisis Penerapan Media Video Dalam Pembelajaran PPKn Di SD Negeri Pulorejo 02.” Jurnal Cendekia Ilmiah 2(2): 130–34.

Scolastika, Gracia Efra et al. 2022. “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips.” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora 13(2): 598.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.