IMPLEMENTASI SPK UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BSU DENGAN METODE SAW

Fiqri Lidya Fitriani, Rina Fiati

Abstract


Bantuan Subsidi Upah atau sering dikenal sebagai BSU adalah program pemerintah yang memberikan bantuan keuangan kepada pegawai yang memenuhi kriteria tertentu. Menggunakan proses seleksi yang memenuhi kriteria tertentu. Namun, yang terjadi dilapangan banyak kasus tentang BSU salah sasaran. Untuk membantu dalam menangani salah sasaran, harus ada Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu dalam menyeleksi penerima BSU. Simple Additive Weighting (SAW) merupakan metode yang cocok untuk membantu menentukan suatu keputusan dengan mengambil nilai terbaik dari setiap alternatif. Ada 5 kriteria yang digunakan yaitu berstatus warga negara indonesia, peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, gaji/upah paling banyak 3.500.000, bukan PNS, TNI, Polri, dan yang terakhir belum menerima program kartu kerja, keluarga harapan, dan bantuan produksi. Penelitian ini mengembangkan sistem pendukung keputusan untuk mengidentifikasi penerima BSU dari pemerintah.


Keywords


sistem; pemerintah; BSU; SAW; SPK

Full Text:

PDF

References


Andri, Y. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Kombinasi Metode SAW dan ROC. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 376-380.

Fiati, R. (2015). Pendekatan Model Objective Matrix-AHP untuk Pengambilan Keputusan Penilaian Kinerja Pelayanan pada Kantor Kelurahan. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 157-163.

Fiati, R., & Latifah, N. (2013). Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Kelayakan Desa Mandiri Menggunakan FMADM. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer, 137-141.

Fiati, R., Widowati, & Nugraheni, D. M. (2023). Service quality model analysis on the acceptance of information system users' behavior. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 444-450.

Guterres, J. A. (2017). PEMANFAATAN METODE SAW DAN TOPSIS SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BANTUAN RUMAH LAYAK HUNI. Prosiding SINTAK, 51-56.

Sari, E. E., & Diartono, D. A. (2022). SPK Dengan Metode SAW Pemberian Bantuan Keluarga Sejahtera Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 827-838.

Satria, B., & Tambunan, L. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Layak Huni Menggunakan FMADM dan SAW. JOINTECS, 167- 176.

Suketi, N. K. (2014). Sistem Penunjang Keputusan Penerima Bantuan Desa di Kecamatan Klungkung dengan Metode SAW. Jurnal Informatika, 84-93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.