KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA PINOKIO KARYA CARLO COLLODI

Indra Prastianing Zahro, Ma’mur Afif, Dewi Permoni, Hajeng Laili Rohmah, Siti Nur Elisa, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) sinopsis dan jenis genre sastra, (2) kontribusi sastra anak bagi perkembangan nilai personal anak dan (3) nilai pendidikan karakter dalam buku cerita pinokio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Sumber data penelitian ini adalah buku cerita dari buku “Pinokio” yang diterbitkan oleh Karya Gemilang Utama, sedangkan data penelitian ini adalah wacana atau paragraf pada teks cerita Pinokio. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Adapun, teknik analisisnya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini ditemukan, Pertama, Buku cerita berjudul Pinokio dikarang oleh Carlo Collodi merupakan genre sastra anak berjenis sastra fantasi. Buku cerita ini memuat nilai personal dan nilai pendidikan bagi anak. Kedua, nilai personal pada buku cerita Pinokio meliputi nilai perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, perkembangan rasa sosial, dan pertumbuhan rasa etis dan religius. Ketiga, nilai pendidikan pada buku cerita Pinokio, meliputi peduli sosial, religius menghargai prestasi, tanggung jawab, jujur, rasa ingin tahu dan kreatif. Dengan demikian, buku cerita yang berjudul Pinokio cocok untuk dijadikan bacaan wajib bagi anak sekolah dasar guna mengembangkan nilai personal dan pendidikan tersebut.

Keywords


kajian sastra anak, kontribusi; nilai personal; nilai pendidikan,;cerita anak

Full Text:

PDF

References


Bara, A. K. B. (2012). Membangun Kreativitas Pustakawan di Perpustakaan.

Jurnal Iqra’, 6(2), 40–51. http://repository.uinsu.ac.id/768/1/vol.06no.02 Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian

Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11

Dasir, M. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Religius Dalam Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum 2013 [Universitas Islam Indonesia]. In Jurnal Pendidikan Islam. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8578

Hayati Futri, A., & Supriatna, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII A SMPN 2 Sindangresmi. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 51–66. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.220

Henni Marsari, Neviyarni, dan I. (2021). Perkembangan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1816–1822.

Ikhsan Abdul Aziz, Deden Ahmad Supendi, A. F. (2022). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta, 29. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.220

Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.562

Kasmilawati, I. (2019). Kontribusi sastra anak terhadap perkembangan emosional dan intelektual anak usia 2-3 tahun. 188–196.

Messi, M., & Harapan, E. (2017). Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Di Dalam Kegiatan Madrasah Berasrama (Boarding School). JMKSP : Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1476

Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak (3rd ed.). Gadjah Mada University Press.

Rohman, M. (2012). Kurikulum Berkarakter (1st ed.). Prestasi Pustaka Publisher. Samani, M., & M.S., H. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter (1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di Sma. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 475–496. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778

Setiawatri, N., & Kosasih, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Masyarakat Pluralisme Di Cigugur Kuningan. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 179–192. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.22986

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). Kontribusi sastra anak bagi perkembangan nilai personal anak dalam buku cerita anak indonesia. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552. https://doi.org/https://doi.org/10.24173/mb.v9i2.22174

Sudarsih, S. (2020). Nilai Etis Relasi Individu Sosial dalam Filsafat Pierre Teilhard de Chardin. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 3(2), 227–231.

Sujiono. (2019). Analisis Kajian Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Raden Wijaya di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Purwadita : Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 43–50. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/purwadita.v3i2.361

Tutul, G. K. B. (2022). Kajian Sastra Anak : Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. Arkhais : Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(1), 29–35.

Wahyudi, A. (2020). Memahami Intelektualitas Anak: Studi Atas Faktor-Faktor Penunjang Perkembangan Intelektual Anak Dan Implikasinya. Jurnal Al- Fatih, 4–9.

Widyansari, F. (2021). Perkembangan Intelektual, Kreativitas dan Bakat Anak Usia Sekolah Dasar. Perkembangan Intelektual, Kreativitas dan Bakat Usia Sekolah Dasar, 5(September), 12. https://doi.org/2614-3097


Refbacks

  • There are currently no refbacks.