MEDIA POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Abdi Salam, Gaizka Adhe Setya, Kamila Arodatus Syuroiya, Muhammad Nailal Fitra Rahmadani, Rani Setiawaty, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif dalam materi menemukan informasi penting dan mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif dalam materi menemukan informasi penting pada kelas VI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Tahapan penelitiannya yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba terbatas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD 3 Panjunan berjumlah 16 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkanmedia pembelajaran berupa powerpoint; 2) kelayakan media pembelajaran powerpoint interaktif pada materi menemukan informasi penting yang telah dikembangkan adalah layak dengan persentase 78,95% berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan, ahli desain media dengan persentase 80,88% dengan kriteria layak 3) dengan rata-rata nilai pretest adalah 56,25 dan dengan rata-rata nilai posttest sebesar 82,81 sehingga ada kenaikan hasil belajar sebesar 47,21% dengan nilai signifikansi (Sig.) dari uji Wilcoxon sebesar 0,024 yang berarti nilainya < 0,05 sehingga ada perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian media pembelajaran powerpoint interaktif dengan materi menemukan informasi penting pada kelas VI sangat layak dan cocok untuk pembelajaran.

Keywords


powerpoint; interaktif; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ainumila, L. I., & Oktiningrum, W. (2021). Pengembangan Media Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(2).

Ariyani, Y. D., Setyowati, S., & Ata. (2021). Pengembangan Pop Up Book Berbasis Karakter Nasionalisme Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Siswa SD. Elementary School, 8, 50–60.

Sugiyono 2015. Statistika Nonparametris untuk Penelitian. CV. Alfabeta Rosyid, M. Z. (2019). Ragam Media Pembelajaran. Penerbit Literasi Nusantara.

Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.