KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA PILUS RUMPUT LAUT UNTUK RASI KARYA NABILA ADANI DAN SALMA INTIFADA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) nilai-nilai personal dan (2) nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita anak dari Kepulauan Bangka Belitung, yakni cerita anak Pilus Rumput Laut untuk Rasi karya Nabila Adani dan Salma Intifada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan teori sastra anak. Pada teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka, yaitu mengumpulkan bahan-bahan referensi berupa dokumen dan naskah. Data penelitian ini adalah naskah cerita anak Pilus Rumput Laut untuk Rasi yang berasal dari Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan hasil analisis ditemukan, pertama, nilai personal pada buku cerita Pilus Rumput Laut untuk Rasi karya Nabila Adani dan Salma Intifada meliputi; (1) emosional, (2) intelektual, (3) imajinasi, (4) rasa sosial, serta (5) rasa etis dan religius yang tertera di dalam cerita rakyat. Kedua, pada analisis perkembangan nilai pendidikan mencakup aspek; (1) eksplorasi dan penemuan, (2) perkembangan bahasa, (3) pengembangan nilai keindahan, (4) penanaman wawasan multikultural, serta (5) penanaman kebiasaan membaca. Hasil dari penelitian ini menjelaskan mengenai pentingnya menjaga ekosistem darat dan laut kepada generasi muda, melatih imajinasi anak, pesan moral, mendidik karakter, menumbuhkan rasa simpati dan empati, serta menanamkan kebiasaan membaca dalam cerita anak Pilus Rumput Laut untuk Rasi karya Nabila Adani dan Salma Intifada yang merupakan cerita anak dari Kepulauan Bangka Belitung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anafiah, S. (2014). PEMANFAATAN SASTRA ANAK SEBAGAI MEDIA. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 10–15.
Endraswara, S. (2009). Metodologi penelitian folklor. Media Pressindo.
Farhah, E. (2017). Kontribusi Syair Achmad Syauqi Bagi Perkembangan Anak. Jurnal CMES, 10(1), 42–54.
Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247.
Fuadia, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131
Kirani, G., & Tutul, B. (2022). KAJIAN SASTRA ANAK : ANALISIS NILAI PERSONAL CERITA RAKYAT TIMUN EMAS. Arkhais, 13(1), 29–35.
Kusmiyati, Y., Meilani, N., & Ismail, S. (2013). Kadar Hemoglobin dan Kecerdasan Intelektual Anak Hemoglobin Level and Intelligence Quotient of Children. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 8(3), 115–118.
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak; Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, B. (2004). Kontribusi Sastra Anak Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Cakrawala Pendidikan, 23(2), 203–231. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4854/4204
Riadi, M. (2022). Perilaku Etis (Aspek, Prinsip, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi). Kajian Pustaka. https://www.kajianpustaka.com/2022/06/perilaku etis.html#:~:text=Perilaku etis adalah sikap dan,benar%2C bermanfaat dan tidak membahayakan
Sari, N. A., & Yusriansyah, E. (2021). Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari. Seminar Sastra, Bahasa, Dan Seni (Sesanti), 179–191.
Sulton, A., & Nugroho, A. A. (2021). Nilai Pendidikan dalam Kumpulan Puisi Resep Membuat Jagad Raya Karya Abinaya Ghina Jamela : Kajian Sastra Anak. NUSA, 16(4), 299–311.
Sunarso, A. (2020). Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Budaya Religius. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155–169. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/23609
Widiono, A. (2019). Pendidikan sastra anak pada dongeng semut yang sombong dan persahabatan semut dan merpati karya ihsan fauzi. Kelasa, 14(1), 80–89.
Refbacks
- There are currently no refbacks.