KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN PADA CERITA RAJA CENDOL DALAM BUKU MINUMAN NUSANTARA

Dwi Rukmana Fitrianti, Fitri Ika Amelia Putri, Ririn Apriyana, Melisa Putri Aryanti, Sarifa Nadia, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui nilai nilai personal serta nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita Raja Cendol yang terdapat dalam buku Minuman Nusantara karya Suyitman. Cerita Raja Cendol memiliki beberapa pesan moral yang cukup banyak untuk para pembaca cerita ini, khususnya anak-anak. Terlebih lagi cerita ini memiliki karakter dan alur cerita yang mudah dipahami anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah dari cerita Raja Cendol yang terdapat dalam buku Minuman Nusantara karya Suyitman. Data penelitian diperoleh dari kalimat yang terdapat pada paragraf cerita Raja Cendol yang menunjukan adanya kalimat yang mengandung nilai personal maupun nilai pendidikan. Pengumpulan data didapatkan dengan cara mengumpulkan kalimat yang relevan dengan nilai personal dan nilai pendidikan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil dari penelitian dijelaskan mengenai nilai personal dan nilai pendidikan yang terkandung dalam kalimat yang dikutip dari paragraf cerita Raja Cendol. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada cerita Raja cendol terdapat nilai nilai personal yaitu nilai perkembangan emosional, intelektual, imajinasi, rasa sosial dan rasa etis dan religius. Selain itu juga terdapat nilai pendidikan antara lain yaitu eksplorasi dan penemuan, perkembangan bahasa, nilai keindahan dan penanaman wawasan multikultural.

Keywords


sastra tradisional; sastra anak; buku cerita anak; nilai personal; nilai pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Sastra Anak Sebagai Media Penumbuhan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol. 2, No, 267–271.

Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 127–136. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2010

Hafizah, Rahmat, A., & Rohman, S. (2021). Pembelajaran Sastra Anak Dalam Membentuk Karakter di Sekolah Dasar. Metalingua, 7(Nurgiyantoro), 137– 144.

Hernawati. (2019). Upaya Mengembangkan Imajinasi Anak Melalui Metode Contextual Teaching Dan Learning ( Ctl ) Di Tk Islam Bina Insan Kamil. Jurnal Pendidkian Dan Dakwah, 1(September), 110–128.

Karta, I. W., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2022). Pembelajaran menggunakan sastra tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak kelompok b di tk kreativa. Jurnal Mutiara …, 2(1), 1–7. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JMP/article/view/3534%0Ahttps:/

/jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JMP/article/download/3534/2424 Khoiruddin,

M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial

Emosional. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.624

Mulyani, N. (2013). Perkembangan Emosi dan Sosial Pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(3), 423–438. https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1470

Putriana, S., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Perkembangan Intelektual pada Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2019), 1771–1777. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1173/1051

Rahayu, D. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 4, 152–162. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/download/1752/1699

Rosid, A. (2021). Nilai-Nilai Dalam Sastra Anak Sebagai Sarana Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 7–10. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10508

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). Kontribusi sastra anak bagi perkembangan nilai personal anak dalam buku cerita anak indonesia. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/MB

Surajiyo. (2015). Keindahan Seni Dalam Perspektif Filsafat. Jurnal Desain, 02(03), 157–168.

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Suyitman. (2019). Cerpen dan Dongeng Minuman Nusantara (Issue November 2018).

Wardani, T. D. (2018). Nilai Personal Dalam Cerita Palaya Subetnik Katingan (Personal Values in Story of Palaya From Katingan Subethnic). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 8(2), 147. https://doi.org/10.20527/jbsp.v8i2.5503

Widiono, A. (2019). Pendidikan sastra anak pada dongeng semut yang sombong dan persahabatan semut dan merpati karya ihsan fauzi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.