KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU CERITA AIR MATA SANG POHON PURBA KARYA NANING PRANOTO DAN BU KASUR

Lola Indra Mukti, Fajar Adi Kumara, Fadia Rohadatul Aisy, Delfi Novelia Pratiwi, Riskiyawani Ningrum, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi nilai personal dan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku cerita anak Air Mata Sang Pohon Purba. Metode dalam penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu buku cerita Air Mata Sang Pohon Purba karya Naning Pranoto dan Bu Kasur. Adapun, data penelitian berupa paragraf dan kalimat dalam buku cerita tersebut. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Pertama, nilai personal dalam buku cerita Air Mata Sang Pohon Purba yang meliputi perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, perkembangan rasa sosial, dan pertumbuhan rasa etis dan religius. Kedua, nilai pendidikan karakter meliputi nilai kerja sama, nilai peduli sosial, nilai religius, nilai kedisiplinan, nilai toleransi, dan nilai tanggung jawab. Dengan demikian, buku cerita Air Mata Sang Pohon Purba mengandung banyak pesan moral dari segi karakter dan alur ceritanya, sehingga berpengaruh bagi pembentukan karakter dan pengembangan personal bagi anak-anak.


Keywords


Kontribusi sastra; nilai personal; nilai pendidikan; dan buku cerita

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55

Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3879

Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11

Elneri, N., Thahar, H. E., & Abdurahman, A. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwi. Jurnal Puitika, 14(1), 1–13. https://doi.org/10.25077/puitika.14.1.1--13.2018

Fitriana, E., Muhaimi, L., Fadjri, M., & Azis, A. D. (2018). Pendidikan Karakter Pada Sastra Lisan Sasak: Sebuah Kajian Filologis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 129–134. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.21

Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 8.

https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan- pedoman-ppk

Kirani, G., & Tutul, B. (2022). Kajian Sastra Anak : Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. Jurnal Arkhais, 13(1), 29–36.

Kurniawati, R., & Irsyadillah, I. (2018). Analisis Nilai Karakter Dalam Teks Cerita Buku Pelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Bahasa, 6(2), 103–114. http://jurnal.unsyiah.ac.id/MB/article/view/11600

Maryam, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Kendari melalui Strategi Make a Match. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 411–432. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.677

Pintubatu, N. R., Tarigan, H., & Setiawan, D. S. A. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Seperti Sungai Yang Mengalir” Karya Paulo Coelho. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 9–18. http://jurnal.pbsi.uniba- bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/141%0Ahttps://jurnal.pbsi.u


Refbacks

  • There are currently no refbacks.