KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA KISAH PETUALANGAN SERU KANCIL

Naila Farikhatun Umamah, Royana Nafisa Sabiela, Rohani Anggita Permadani, Putri Alifia Nur Meidina, Rismawati Rahayu, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi sastra berupa nilai personal dan nilai pendidikan. Sumber data penelitian ini berasal dari empat cerita dalam buku cerita anak karya Atisah, Desi Nurul Anggraini yaitu 1) Kancil dan Beruang. 2) Sabuk Nabi Sulaiman. 3) Kancil dan Siput lomba lari. 4) Kancil dan Buaya. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang berbentuk pernyataan dan percakapan dalam dialog yang menggambarkan nilai personal dan nilai pendidikan. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan kajian literatur yang mencakup dari beberapa dokumen berupa buku-buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dalam empat buku cerita kisah petualangan seru kancil dan teman-teman memuat genre fabel. Kontribusi nilai personal berupa; 1) perkembangan emosional 2) perkembangan intelektual 3) perkembangan imajinasi 4) pertumbuhan rasa sosial 5) pertumbuhan rasa etis dan religius. Kontribusi nilai pendidikan meliputi; 1) nilai kerja sama 2) nilai peduli sosial 3) kerja keras 4) nilai kreatif 5) nilai eksplorasi dan penemuan. Secara keseluruhan dalam empat buku cerita rakyat yang dikaji kontribusi yang mendominasi adalah perkembangan emosional. Dengan demikian, buku ini cocok untuk dijadikan bacaan wajib bagi anak.


Keywords


Sastra Anak; Fabel; Nilai Personal; Nilai Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial Dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2848

Ati, A. P., Mubasyira, M., Sandiar, L., Widiyarto, S., & Harie, S. (2021). Ajaran Moral Dan Karakter Dalam Buku Cerita Nusantara Sebagai Bahan Ajar Siswa Sd. Basastra, 10(1), 46. https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.23383

Ayu, P., & Pratiwi, C. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbasis Adobe Flash. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 416–424.

Azhari, A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Imajinasi Terhadap Keterampilan Bercerita Pada Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 93. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1323

Elneri, N., Thahar, H. E., & Abdurahman. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwi. Puitika, 14(1), 1.

https://doi.org/10.25077/puitika.14.1.1 13.2018

Ernawati, E., Kanzunnudin, M., & Kudus, U. M. (2023). Analisis Cerita Lisan Asal – usul Nyai Ageng Ngerang dan kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. 2(2), 311–317.

Irma, C. N. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(1),14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4888

Kasmilawati, I. (1995). Kontribusi sastra anak terhadap perkembangan emosional dan intelektual anak usia 2-3 tahun. 188–196.

Marsari, H., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Perkembangan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1816–1822.

Nastiti, V. G., & Syah, E. F. (2022). Psikologi Sastra dalam Cerita Anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu Karya Anee Rahman Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 104–110. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.43764

Nurgiyantoro, B. (2004). Kontribusi Sastra Anak Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Cakrawala Pendidikan, 23(2), 203–231.

Pheni Cahya, K. (2015). Meningkatkan Jiwa Sosial Anak Melalui Karya Sastra Berupa Dongeng. Jurnal Stilistika, 8(2), 102–112.

Putriana, S., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Perkembangan Intelektual pada Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2019), 1771–1777.

Rahayu, S. P., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2020). Hubungan Sikap Peduli Sosial dan Sikap Tanggung Jawab dengan Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24325

Rukiyah. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99–106. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Wulandari, R. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra di SMA. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 475–496. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778

Sari, N. A., & Yusriansyah, E. (2021). Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari. Prosiding Sesanti (Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni), 179–191.

Sayono, J., Nafi’ah, U., & Wijaya, D. N. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Gagak Rimang. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 9(2), 236–256. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um020v9i22015p236-256

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). Kontribusi Sastra Anak Bagi Perkembangan Nilai Personal Anak dalam Buku Cerita Anak Indonesia. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552. https://doi.org/10.24173/mb.v9i2.22174

Sulastri, S., Hariyadi, & Simarmata, M. Y. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 4(1), 43–50. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24336

Tantri, A. A. S. (2017). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tantri (Perempuan Yang Bercerita) Karya Cok Sawitri Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 57–68.

Umami, R. H. (2018). Bias Gender Dalam Sastra Anak: Studi Pada Buku Kecil- Kecil Punya Karya. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 135– 155. https://doi.org/DOI: 10.21274/martabat.2018.2.1.135-154

Yusmaliana, D., & Suyadi. (2019). Pengembangan Imajinasi Kreatif Berbasis Neurosains dalam Pembelajaran Keagamaan Islam. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 267–296. https://doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.4213

Zulfa, L. A., & Ekafebriyanti, V. (2021). Sastra Anak Sebagai Media Pengenalan Nilai Sosial Di Masa Pandemi. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 197–221. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2021.1.1.197-221


Refbacks

  • There are currently no refbacks.