KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU DONGENG PUTRI GEMA KARYA HERVIANNA ARTHA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai personal serta nilai pendidikan yang terkandung dalam buku dongeng “Cerita Putri Gema” karya Hervianna Artha. Cerita terdapat banyak pesan moral yang bermanfaat bagi pembaca khususnya anak-anak untuk membentuk karakter anak melalui alur cerita. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah buku dongeng terbitan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berjudul “Cerita Putri Gema” karya Hervianna Artha. Data penelitian ini adalah paragraf serta kalimat dalam bentuk pernyataan maupun percakapan dalam dialog yang menggambarkan nilai personal dan nilai pendidikan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui studi pustaka dengan mengumpulkan referensi yang relevan serta naskah dari buku dongeng “Cerita Putri Gema” karya Hervianna Artha. Hasil penelitian menjabarkan dalam buku dongeng terbitan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berjudul “Cerita Putri Gema” karya Hervianna Artha secara keseluruhan terdapat kontribusi nilai-nilai Pertama, nilai personal berupa perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, pertumbuhan rasa sosial, dan pertumbuhan rasa etis dan religius. Kedua, nilai pendidikan berupa toleransi, kreatif, penanaman wawasan multikultural, dan penanaman kebiasaan membaca.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11
Nurgiyantoro, B. (2019). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). Analisis cerita rakyat. Jurnal Ilmu Budaya, 3(3), 246–257.
Hidayah, H. (2019). Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Sastra Anak Berjenis Dongeng Modern.
ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 9–20. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v2i2.589
Rosid, A. (2021). Nilai-Nilai Dalam Sastra Anak Sebagai Sarana Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 7–10. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10508
Irawati, R. P., & Purwani, N. (2013). Nilai-nilai Moralitas dan Budaya Asing dalam Sastra Anak Terjemahan Melalui Pemaknaan Sastra Anak. Lingua, IX(1), 46.
Hafizah, Aceng Rahmat, S. R. (2021). Pembelajaran Sastra Anak Dalam Membentuk Karakter Di Sekolah Dasar. Nurgiyantoro, 137–144.
Anafiah, Siti. 2015. “Pemanfaatan Sastra Anak Sebagai Media Penumbuhan.” Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol. 2, No: 267–71.
Fauziah, Irma. 2021. “Desain Pembelajaran Pendidikan Dasar Berbasis Perkembangan Intelektual.” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 3(1): 1–18.
Habsari, Zakia. 2017. “Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak.” BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi 1(1): 21–29.
Nahdlatul, Universitas, and Wathan Mataram. 2020. “Mengembangkan Kepribadian Anak Melalui Sastra Anak (Dongeng).” Budaya dan Pariwisata 1(1). http://ejournal.unwmataram.ac.id/penq/index.
Oni Sutriasni, Sahlan, Erny Harijaty. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tiga Cerita Rakyat Kulisusu Di Kabupaten Buton Utara.” Jurnal Bastra 5(1): 1–11.
Rukiyah, Rukiyah. 2018. “Dongeng, Mendongeng, Dan Manfaatnya.” Anuva 2(1): 99. Sanjaya, Muhamad Doni. 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya
Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di Sma.” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 5(2): 475–96.
Simatupang, Yusrawati JR, Mohd. Harun, and Ramli. 2021. “Kontribusi Sastra Anak Bagi Perkembangan Nilai Personal Anak Dalam Buku Cerita Anak Indonesia.” Jurnal Master Bahasa 9(2): 546–52. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/MB.
Suprihatma, Suprihatma. 2021. “Kecerdasan Emosional Dalam Karya Fiksi Asma Nadia.”
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 4(2): 611–31.
Refbacks
- There are currently no refbacks.