ANALISIS PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING MUATAN PPKN (STUDI KASUS PADA SISWA DI BIMBINGAN BELAJAR NABILA COURSE MEJOBO KUDUS)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi kreativitas anak usia sekolah melalui media pembelajaran mind mapping di bimbingan belajar “Nabila Course” Mejobo Kudus. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini melalui media mind mapping dapat menumbuhkan kreativitas anak usia sekolah dasar, hal ini disebabkan karena anak-anak praktek membuat mind mapping sesuai kreativitasnya sendiri. Maka dari itu temuan ini dapat dijadikan dasar pijakan untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, R. P., Pratiwi, S. A., & Haimah, S. (2020). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pkn Sd. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 386–395. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35
Gumala, Y. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan mind map dalam pembelajaran pkn di kelas v sd negeri 01 bukik limbuku. Warta Pendidikan, 9344, 36–42.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Jannah,miftahul,Fatmariza, Y. miaz dan Y. erita. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 991–996.
Muslim, A. H. (2020). Media Pembelajaran PKn di SD. Pena Persada, 1–141. https://thesiscommons.org/qnpkm/
Manipulatif, M., Meningkatkan, U., Konsep, P., Rahmawati, R. B., Ardianti, S. D., & Rondli, W. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Maping Berbantuan. 9(2), 560–566. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4713
Melyanti, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Mufatikhah, N., & Rondli, W. S. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667
Ni Putu Arista Dewi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKn. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2).
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Sari, K. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50
Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44
Sudiantini, D., & Shinta, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 177–186. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2996
Wiyono, T. (2018). PENGARUH MOTIVASI SISWA DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA.
Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 90. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3115
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360 663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. UTM PRESS Bangkalan - Madura, 119.
Refbacks
- There are currently no refbacks.