PENGEMBANGAN MEDIA PALILU BADAR (PAPAN KELILING LUAS BANGUN DATAR) UNTUK PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI MATEMATIKA KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan media pembelajaran berupa PALILU BADAR untuk materi keliling bangun datar kelas III; (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran PALILU BADAR pada pemahaman konsep materi keliling bangun datar untuk kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall, tahapan yang dilalui yakni analisis masalah, pengumpulan data, Desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk terbatas. Berdasarkan hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa media PALILU BADAR yang kami desain seperti papan catur berpaku untuk pemahaman konsep keliling bangun datar memperoleh hasil nilai mencapai 90% dari dosen ahli materi, 97,5% dari dosen ahli media, respon dari guru kelas 100% dan 94,68% dari respon siswa dengan simpulan semua hasil uji validasi dikategorikan Sangat Layak. Adapun hasil rata-rata pretest 66,25 dan hasil rata-rata posttest 83,75 sehingga kenaikan hasil belajar sebesar 17,75 point, atau setara hasil 20,89% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Maka dapat disimpulkan media PALILU BADAR efektif meningkatkan hasil belajar materi konsep keliling bangun datar persegi dan persegi panjang di kelas III SD N 2 Kedungsari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja. Afifuddin, B. A. S. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Yaini.
Aflia, K., Yuhana, Y., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geoboard Untuk Kemampuan. Riau: Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 9 Nomor 5 Oktober, 9, 680–689.
Barus, E. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Kemampuan Kognitif Dan Minat Siswa Kelas V SD Margoyasan. Riau: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 916–924.
Masitoh, M., & Habudin, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. Banten :Ibtida’i, 5(01), 49–60.
Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. Makassar: JKPD Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79.
Rachmatullah. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Yaini.
Sari, I. P., Nurtamam, M. E., & Hanik, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Madura: Widyagogik Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83–91.
Simanjuntak, J., Simangunsong, M. I., & Naibaho, T. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi. FKIP Universitas HKBP Nommensen: SEPREN Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 32–39.
Styaningrum, N. (2019). Pengembangan Media Papan Paku Pada Materi Matematika Keliling Persegi Dan Persegi Panjang Siswa Kelas III SD Negeri Sumberagung 3 Tahun Ajaran. Kediri: Artikel Skripsi Tahun.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Universitas Bangun Nusantara: Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
Refbacks
- There are currently no refbacks.