MEDIA PAPAN BACA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 8 TANJUNGREJO

Mya Kantirahayu, Novita Aulia Fachrina, Ira Rizwana, Ghinna Tri Wahyuni, Jauharotun Nafisah, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Membaca merupakan salah satu sarana bagi peserta didik untuk mempelajari suatu hal yang belum diketahui dan dapat memperluas pengetahuan. Penelitian ini membahas urgensi papan kartu baca sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN 8 Tanjungrejo. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media papan baca kartu huruf dan untuk mengetahui hasil belajar kemampuan membaca peserta didik dengan media papan baca kartu huruf. Penelitian ini mengadopsi model R&D (Research and Development) berdasarkan pendekatan Borg & Gall. Tahap-tahap penelitian meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, uji coba produk pendahuluan, perbaikan produk, uji coba produk utama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 8 Tanjungrejo, yang berjumlah 6 orang siswa dengan 3 anak perempuan dan 3 anak laki-laki.Berdasarkan penilaian ahli mendapat rata-rata skor 80% yang masuk dalam kategori sangat layak digunakan. Kemudian setelah di uji cobakan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas III mengalami peningkatan dengan skor rata-rata pre-test yaitu sebesar 40 berada pada kategori sangat rendah dan skor rata-rata pada post-test yaitu 90 berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan media papan baca kartu huruf kemampuan membaca pada siswa kelas III di SDN 8 Tanjungrejo mengalami kenaikan sebesar 125%.


Keywords


Membaca; Media Papan Baca

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2023, Juni 10). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional . Retrieved from jdih.kemdikbud.go.id: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun200 3_nomor020.pdf

Dr. Drs. Rulam Ahmadi, M. (2014). PENGANTAR PENDIDIKAN Asas & Filsafat Pendidikan. Sleman : AR-RUZZ MEDIA.

Drs. H. Mahmudi, M. (2022). Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan. Sleman : DEEPUBLISH.

Jihad, B. M. (2019). Pengaruh Permainan Target Terhadap Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran. repository.upi.edu, 1-3.

M.Miftah. (2013). FUNGSI DAN PERAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA . KWANGSHAN , 97-101.

Oktaviani, S. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Scientific Approach pada Pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar. Educational Technologi Journal , 72.

Ongki, A. a. (2021). “Pengembangan Media Kartu Kata dan Kalimat untuk Pembelajaran Kemampuan Membaca bagi Anak Kelas I Sekolah Dasar Negeri 31 Ambacang pada Tema 5 (Pengalamanku). Universitas Bung Hatta Repository, 1-4.

Ongki, A. a. (2021). “Pengembangan Media Kartu Kata dan Kalimat untuk Pembelajaran Kemampuan Membaca bagi Anak Kelas I Sekolah Dasar Negeri 31 Ambacang pada Tema 5 (Pengalamanku). Universitas Bung Hatta Repository, 1-4.

Petrus Mau Tellu Dony1, T. I. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.