PAPAN PINTAR PANCASILA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH DASAR : STUDI PUSTAKA

Naily Soimatul Izza, Norma Dini Filsafati, Anisa Putri Muhalimah, Indra Wikarna, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengeksploitasi papan pintar Pancasila sebagai media pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Untuk mendapatkan informasi yang akurat membahas masalah dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis metode penelitian yang berkaitan dengan judul di atas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa aplikasi APE Papan Pintar Pancasila sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Dasar. Selain itu dalam hal ini siswa tidak bosan dan semangat untuk memahami materi pancasila meningkat. Oleh karena itu, dengan menggunakan media papan pintar pancasila dalam pembelajaran dapat membantu siswa memahami isi   pelajaran   dan   menarik   perhatian   siswa   terhadapnya   untuk   meningkatkan   hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam membentuk kreativitas menggunakan lingkungan belajar tersebut.


Keywords


media pembelajaran; pancasila; media papan pintar pancasila; PPKn

Full Text:

PDF

References


Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1171

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015 / 2016. 4(1), 53–64.

Fatmawati, F., & Harmanto. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan Ips. Joyful Learning Journal, 8(2), 113–118. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v8i2.31057

Gumilang, Galang, S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a

Insani, Galuh, N., Dewi, D., & Furnamasari, Yayang, F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8154.

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum Dan Ilmiah), 2(2), 173–179. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Nani, & Hendriana, Evinna, C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. JERR (Journal Of Education Review And Research), 2(1), 55–62.

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47

Putri, H. P., & Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543.

Riadin, A., & Permadi, Ade, S. (2019). Implementasi Pembelajaran PKN Untuk Membentuk Pribadi Yang Berkarakter Di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 14(1), 18–28.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.