PAPAN PINTAR PANCASILA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH DASAR : STUDI PUSTAKA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengeksploitasi papan pintar Pancasila sebagai media pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Untuk mendapatkan informasi yang akurat membahas masalah dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis metode penelitian yang berkaitan dengan judul di atas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa aplikasi APE Papan Pintar Pancasila sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Dasar. Selain itu dalam hal ini siswa tidak bosan dan semangat untuk memahami materi pancasila meningkat. Oleh karena itu, dengan menggunakan media papan pintar pancasila dalam pembelajaran dapat membantu siswa memahami isi pelajaran dan menarik perhatian siswa terhadapnya untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam membentuk kreativitas menggunakan lingkungan belajar tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1171
Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015 / 2016. 4(1), 53–64.
Fatmawati, F., & Harmanto. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan Ips. Joyful Learning Journal, 8(2), 113–118. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v8i2.31057
Gumilang, Galang, S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a
Insani, Galuh, N., Dewi, D., & Furnamasari, Yayang, F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8154.
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum Dan Ilmiah), 2(2), 173–179. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Nani, & Hendriana, Evinna, C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. JERR (Journal Of Education Review And Research), 2(1), 55–62.
Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5
Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47
Putri, H. P., & Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543.
Riadin, A., & Permadi, Ade, S. (2019). Implementasi Pembelajaran PKN Untuk Membentuk Pribadi Yang Berkarakter Di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 14(1), 18–28.
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44
Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 1–6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.