PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA "PANCERMAS (PAPAN PENCERNAAN MANUSIA)" MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V DI SD 5 KARANGBENER

Azzalia Niken Puspaningrum, Tiara Vasya Artamevia, Ajitama Ardha Maulana, Rikza Nur Falalul Muttaqin, Alfin Haykal Fasya, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini membahas pengembangan alat peraga sistem pencernaan manusia. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran IPA materi sistem pencernaan pada manusia yang layak digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas V di SD 5 Karangbener. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau  Research and Development  (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D, dengan empat tahapan yaitu Define, Design, Develop and Disseminate. Hasil validasi media kepada ahli media 1 mendapatkan skor sebesar 3,7 dan ahli media 2 mendapatkan skor sebesar 3,86 sehingga diperoleh rata-rata sebesar 3,78 yang masuk dalam kriteria sangat layak. Selain angket yang telah diperoleh dari ahli media, hal ini didukung dengan hasil soal yang telah dikerjakan  kepada siswa kelas V dengan membagikan soal pretest dan posttest. Pada proses memperoleh skor rata-rata 48,4 dan pada posttest memperoleh skor rata-rata sebesar 98,4 dengan kenaikan hasil belajar siswa 50 point atau 104,1% dengan nilai signifikansi uji-t 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran  IPA “PANCERMAS (Papan Pencernaan Manusia)” dinyatakan efektif diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar dalam materi sistem pencernaan manusia

Keywords


Pencernaan Manusia; Media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta : Balai Pustaka

Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Rukiyati. (2013). Pendidikan Pancasila. Jogjakarta. UNY Prees.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.