PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PINTAR KONSEP BANGUN RUANG UNTUK SD KELAS V

Siti Nur Faiza, Risqiana Dewi Nur Mayanti, Widya Astuti, Bela Setya Pratiwi, Fitriyah Amaliyah, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan dan kelayakan media video pintar bangun ruang; 2) mengetahui respon dari peserta didik terhadap kelayakan media video pintar bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Mayong Kidul yang berjumlah 28 peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, respon guru kelas dan respon siswa, serta hasil pretest dan posttest siswa kelas V SDN 1 Mayong Kidul untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video pintar bangun ruang pada pembelajaran matematika. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penelitian untuk menentukan kelayakan produk atau media pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian ini adalah : 1.) telah dikembangkan media pembelajaran video pintar bangun ruang dalam bentuk video power point, 2.) kelayakan media pembelajaran video pintar bangun ruang dalam bentuk video power point yang telah di kembangkan adalah berkategori baik dengan rata-rata skor 3,4 berdasarkan penelitian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan; ahli media dengan rata - rata skor 3,5 dengan kriteria baik, ahli materi dengan rata-rata skor 3,6 dengan kriteria baik, respon guru dengan rata-rata 3,6 dengan kriteria baik, respon peserta didik mendapat hasil rata-rata 89% dengan kriteria sangat praktis, rata- rata soal pretest yaitu 64 dan rata-rata dari soal postest yaitu 92 terdapat kenaikan 43%.


Keywords


media pembelajaran; power point; bangun ruang; matematika

Full Text:

PDF

References


Ageng, S., Aprinda, Quratul, A., & Siti. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Pada Mata Pelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 248–262.

Ario, M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20–31. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709

Arista, A., Fuad, M. K., & Muharrom, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Konferensi Ilmiah …, 97–104. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/709%0Ahttps://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/download/709/542

Dewi Safitri, L. A., & Sastra Agustika, G. N. (2017). Pengembangan Audio Visual Berbasis Kontekstual Learning Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok untuk Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Diah Purnami Dewi, P., Wayan Suniasih, N., & Kunci, K. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775

Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Fitri, A., & Amelia, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Gunung Sahari Utara 01 Pagi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 945–956. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1199

Mutia, W. S., & Mulyawati, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Melalui Animasi Power Point Terhadap Siswa Kelas V Sdn Parung Panjang 06. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 351–360. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1514

Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377

Volume, J., Tahun, N., Pendidik, J., Konseling, A. N., & Pramestika, L. A. (2020). Research & Learning in Primary Education Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang SD. 2.

Wahyuni, N. P. C. O., & Agustika, G. N. S. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa Kelas VI SD. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 116–132. https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50950

Zenizela, Z., & Agustina, D. K. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Bangun Ruang untuk Pembelajaran Daring Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset&Konseptual, 6(4), 609–615.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.