PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS IV

Faradilla Setiani, Eva Ari Lestari, Dwi Aprilia Indriani, Tasya Jihan Safitri, Muhammad Taufiq Prabowo, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan media pembelajaran video Animasi pada materi perkalian dan pembagian; 2) Mengetahui respon siswa terhadap kelayakan media pembelajaran video animasi pada materi perkalian dan pembagian untuk siswa kelas IV, dengan rumusan masalah; 1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi pada materi perkalian dan pembagian; 2) Bagaimana respon siswa terhadap kelayakan media pembelajaran berupa video animasi pada materi perkalian dan pembagian. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Karangbener berjumlah 23 peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain, angket respon guru dan siswa kelas IV SDN 4 Karangbener, serta soal pretest dan posttest untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa video animasi perkalian dan pembagian untuk pelajaran matematika. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah 1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa video animasi perkalian dan pembagian; 2) kelayakan media pembelajaran video animasi perkalian dan pembagian yang telah dikembangkan dengan kriteria baik, dengan jumlah skor 3,5 berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan, ahli desain dengan jumlah skor 3,7 dengan kriteria baik; 3) Penilaian guru 3,5 dengan kriteria baik; 4) Hasil respon siswa dengan jumlah skor 3,58. Dari soal pretest menghasilkan rata-rata 59,1 dan soal posttest menghasilkan rata-rata 74,2 dengan demikian video animasi pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 25.5%.


Keywords


Media Pembelajaran; Video Animasi; Plotagon; Matematika

Full Text:

PDF

References


Adam, S. & Syastra, M.T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 (2), 78-90.

Arikunto, suharsimi. (2011). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi IV. Rinekacipta. Jakarta.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Kotler, Armstrong. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Mindrianingsing, T. & Yanti, Y.K (2021). Pengembangan Video Animasi Berbasis Plotagon Dan Kine Master Dalam Meningkakan Mina Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7 (2), 606-618.

Munir. (2017). Multimedia dan Konsep Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta Muryanti, U. & Kartowageran, B. (2016). Pengembangan video animasi unuk meningkatkan motivasi belajar dan karaker kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karaker, 6 (2), 232-245.

Oya, R.N, & Budiningsih, C.A. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pemeblajaran Kreatif dan Produktif. Jurnal Prima Edukasia, 2 (1), 116-126.

Purwono. J, et al. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2), 127-144.

Ponza, P.J.R, et al. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1), 9-19.

Solihatin, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Plotagon Pada Siswa MA NU Petung Panceng Gresik. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab. 6 (6), 320-326.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tirtarahardja, U. & Sulo, L. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Widoyoko, Eko Putro S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.