PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK SKI UNTUK MATERI SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V

Ika Nur Hidayah, Muhammad Yusril Falaah, Rosya Auliatul Chusna, Muhammad Sigit Wahyu Romadhlon, Rani Setiawaty

Abstract


Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini terjadi pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan masih lemahnya kemampuan daya ingat siswa kelas V meskipun guru sudah menggunakan media berbasis teknologi. Maka dari itu diperlukan pemecahaan masalah yaitu melalui penggunaan Media Pop Up Book Sejarah Kemerdekaan Indonesia Mata Pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini ; 1) mengembangkan Media Pop Up Book SKI pada materi kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan mata pelajaran IPS. 2) mengetahui respon siswa terhadap kelayakan Media Pop Up Book SKI pada materi kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 2 Honggosoco yang berjumlah 10 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, siswa dan guru kelas V SD N 2 Honggosoco untuk menguji kelayakan media pop up book. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa validasi materi pembelajaran oleh ahli materi dengan persentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak, dan validasi media pembelajaran oleh ahli media dengan persentase sebesar 85% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil respon guru dengan persentase sebesar 92% dengan kategori sangat layak, respon siswa dengan persentase sebesar 94% kategori sangat layak. dan hasil dari pre test dengan persentase 65, sedangkan hasil post test dengan persentase sebesar 100. Jadi hasil tes akhir menunjukkan bahwa nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 53,8%. Dengan demikian, media pop up book sangat layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan daya ingat dan hasil belajar siswa.


Keywords


Media Pop Up Book; Hasil Belajar; IPS

Full Text:

PDF

References


Ali Maksum. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dewantari, A. A. 2014. Sekilas tentang Pop-Up, Lift the Flap, dan Movable Book. Tersedia pada http://dgi.or.id/read/obs ervation/sekilastentangPop-Up-lift- he-flapdanmovable-Book .html. (Diakses pada 24 Mei 2017).

Gentala J, Dasar P, 2018. Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adope Flash And Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik, 1-19

Jatu Pramesti. (2015). Pengembangan Media Pop-Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar Edisi 16. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 35.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Tahapan Pre Test dan Post Test

Mariani, S., dkk. 2014. “The Effectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Against The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter”. International Journal of Education and Research, Volume 2, No. 8,ISSN: 2201-6740, (hlm 531-548).Tersedia pada http://www.ijern.com/journal/2014/August-2014/47.pdf .(Diakses pada 2 Desember 2017)

Masturah, Elisa Diah dkk. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 9 No. (2) pp. 215-225

Minawati, M. (2020). Potensi Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Math-UMB. EDU. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/math/article/view/672

Mustaqim, M. (2020). Penggunaan Media TIK untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Quran di SDN 6 Mataram. Jurnal Paedagogy.http://ejournal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2510

Ningtiyas, T., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop- Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Qondias, D., Anu, E. L., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kelas Iii Kabupaten Ngada Flores. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 176. https://doi.org/10.23887/jpi- undiksha.v5i2.8590.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina, M. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113.

Tegeh, I. M., dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tisna Umi Hanifah. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 46–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.