PENGEMBANGAN MEDIA POSTER UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

Muhammad Dwi Harmanto, Delia Novita, Ali Muharor Azizi, Silvina Yuliyanti, Ayu Dwi Maula, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Media poster unggah – ungguh merupakan media pembelajaran yang dirancang berupa poster yang berbentuk persegi panjang dan berisikan materi unggah – ungguh cara berbahasa ngoko dan krama inggil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media poster unggah – ungguh Bahasa Jawa terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Gondangmanis. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data awal menggunakan metode wawancara, observasi dan angket. Kemudian dari hasil analisis kebutuhan awal dikembangkan media Poster Unggah – ungguh dengan berbagai revisi sehingga mendapatkan validasi ahli sebesar 58 dari jumlah maksimal skor 75 yang mendapatkan nilai validasi dari ahli 77% yang berarti sangat layak. Kemudian penelitian ini menggunakan one group pretest dan post test design yang dilakukan untuk mengukur perbandingan hasil belajar. Hasil pre test diperoleh nilai rata – rata siswa 37 Kemudian hasil post test setelah siswa menggunakan poster Unggah – ungguh mendapatkan nilai rata – rata siswa sebesar 94,6 ada kenaikan hasil belajar sebesar 155,6%. Oleh karena itu, media poster Unggah – ungguh layak digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas V SDN 4 Gondangmanis


Keywords


Media; Bahasa Jawa; R&D

Full Text:

PDF

References


Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Nita, M. (2018). Analisis kemampuan membaca bahasa jawa pada siswa kelas II. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 35.

Izzaturahma, E., Putu, L., Mahadewi, P., & Simamora, A. H. (2021). Metode Penelitian Pengembangan Research And Development

Widya Octaviani, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal), 1(2), 66–77.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Tahapan Pre Test dan Post Test


Refbacks

  • There are currently no refbacks.