PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PECAHAN PINTAR (PUZANTAR) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PECAHAN KELAS V

Nevananda Arica Lungdiansari, Friska Dyah Ayuk Pratiwi, Miftakhatul Ummayyah, Khusnul Khotimah, Fatikhatun Najikhah, Rani Setiawaty

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk; 1) pengembangan media belajar berupa Puzzle Pecahan Pintar berbentuk papan puzzle yang berisi materi pecahan; 2) mengetahui reaksi peserta didik dan guru pada kelayakan media pembelajaran Puzzle Pecahan Pintar materi pecahan dalam papan puzzle untuk peserta didik kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian R&D yang menggunakan pengembangan dari Borg and Gall. Subyek penelitian ini yakni peserta didik kelas V SD 2 Klaling yang berjumlah 30 peserta didik dan guru kelas. Instrumen pengumpulan data yang dipakai berupa angket diberikan kepada ahli media, guru dan siswa kelas V dan diuji kelayakan media Puzzle Pecahan Pintar dalam bentuk papan puzzle untuk pembelajaran Matematika. Jenis data yang diperoleh yakni data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis sesuai petunjuk kriteria penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) dikembangkan media pembelajaran berupa Puzzle Pecahan Pintar dalam bentuk papan puzzle yang berisi materi pecahan; 2) kelayakan media pembelajaran Puzzle Pecahan Pintar matematika yang sudah dikembangkan sangat layak dengan persentase 83% berdasarkan penilaian ahli media 1 dan 2 tahap akhir setelah perbaikan, penilaian guru dengan persentase 88%, dengan kriteria sangat layak 4) skor perolehan respon peserta didik dengan persentase 94% dengan kriteria sangat layak. Kemudian efektifitas media ini dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai pretest-posttest 43,75 menjadi 73,2 yang bisa dikatakan naik sebesar 67%. Data ini didukung oleh uji t dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti media ini signifikan mampu meningkatkan hasil belajar materi pecahan kelas V di SD 2 Klaling.


Keywords


papan puzzle; pecahan; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 85. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.917

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323.

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447

Ibrahim, R. Y., Arsyad, A., & Katili, N. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.667

Kurniati, I. D., Setiawan, R., Rohmani, A., Lahdji, A., Tajally, A., Ratnaningrum, K., Basuki, R., Reviewer, S., & Wahab, Z. (2015). Buku Ajar.

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388

Riyana, S., Retnasari, L., & Supriyadi, A. (2019). Penggunaan Benda Konkret Sebagai Media untuk Meningkatkan Keterampilan Menghitung pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 23, 301–316.

Rizki, Y. E., Hanurawati, N., & ... (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/232%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/download/232/93

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Siregar, W. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Sudijono. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.