PENGEMBANGAN MEDIA PARANTA (PAPAN RANGKAI KATA) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I

Aula Zahirotul Zahirotul Maulida, Nofa Ariyanti, Anggie Widari Anugraheni, Marliana Noor Faiza, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media papan rangkai kata. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 sebanyak 10 siswa yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas 1 SD 8 Gondosari. Hasil penelitian ini adalah 1) telah dikembangkan berupa media papan rangkai kata 2) kelayakan media pembelajaran bahasa Indonesia terpadu dalam media papan rangkai kata yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan rata – rata skor persentase 4 berdasarkan ahli materi dengan kriteria sangat baik, rata rata skor 3,9 berdasarkan ahli media dengan kriteria baik, respon guru dengan rata-rata skor 3,8 dengan kriteria baik sedangkan angket respon siswa rata-rata skor 97,5% dengan kriteria sangat praktis. Dari soal pretest menghasilkan rata-rata skor 67 dan soal posttest menghasilkan rata-rata skor 87 mendapatkan kenaikan 30%.


Keywords


Media Pembelajaran; PARANTA; Suku Kata; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5.

Istiyani, D. (2013). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan.

Laely, I. N., & Rukmi, A. S. (2021). Pengembangan Media Kusuka Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar.

Laely, K., Pps, P., Negeri, U., Jl, J. R., & Muka, J. T. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. https://doi.org/10.21009/JPUD.072

Liansyah, R., Heldayani, E., Kuswidyanarko, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang. Dalam Innovative: Journal Of Social Science Research (Vol. 301).

Mardika, T. (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd (Vol. 10, Nomor 1).

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907

Rafika, N., Pgri, U., & Kartikasari, M. M. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 2020. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Ismail, P. R (2019). Pengembangan Media Pembelajaran “Papan Susun Kata Anak Hebat (Pasukan Hebat)” Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Tema 6 Subtema 3 Berbasis Scramble Di Kelas I Sdn 104607 Sei Rotan.

Ismail, P. R (2019). Pengembangan Media Pembelajaran “Papan Susun Kata Anak Hebat (Pasukan Hebat)” Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Tema 6 Subtema 3 Berbasis Scramble Di Kelas I Sdn 104607 Sei Rotan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.