PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BACA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4

Via Antika, Hafidza Azlin, Ristiya Khoirun Nisa, Debby Sinta Dewi, Rani Setiawaty, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media POBOCA (Pop Up Book Baca) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 4 Karang Bener Kabupaten Kudus Jawa Tengah yang berjumlah 20 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, Respon siswa ,dan guru Bahasa Indonesia SD untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa POBOCA (Pop Up Book Baca) untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa POBOCA (Pop Up Book Baca) bentuk Media Pembelajaran yang Digunakan Guru dalam Pembelajaran Bercerita 2) kelayakan media pembelajaran Bahasa Indonesia dalam bentuk POBOCA (Pop Up Book Baca) yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase kategori 95 % berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan, ahli desain dengan persentase 94 % dengan kriteria sangat layak 3) dengan persentase adalah 80% dan dapat dikatakan sangat layak, penilaian guru dengan kriteria adalah layak 4) hasil respon peserta didik dengan persentase 88% masuk kedalam kriteria sangat layak. Data ini didukung oleh hasil wicoxon dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti media ini signifikan meningkatkan hasil belajar materi dongeng kelas IV SDN 4 Karangbener.


Keywords


Media; Dongeng; Peningkatan; Pembelajaran; Membaca

Full Text:

PDF

References


An-Nisa, & Ariyani, Y. D. (n.d.). Membangun Budaya Literasi Permulaan Bagi Siswa Sd Kelas Awalmelalui Pop Up Book

Anggraini, D. T., & Efendi, U. (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD. 9(1).

Antara, I. N. R., Haris, I. A., & Nuridja, I. M. (2014). Pengaruh Kesiapan Dan Transfer Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri 1 Ubud. 3.

Ardiansyah, B. F. (2019). Analisis Teknik Dan Perkembangan Buku Pop-Up. 6(April), 129–144.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa smp. 6, 53–57.

Jurnal, P., Pendidikan, I., & Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. 2(April), 44–52.

Masturah, E. D., Putu, L., Mahadewi, P., & Simamora, A. H. (2018).

Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar Setiap warga negara Indonesia. 6, 212–221.

Membaca, K., Siswa, D., & Dasar, S. (2022). Jurnal basicedu. 6(5), 8695–8703. Pembelajaran, U., Tempat, L., Iv, K., Pakunden, S. D. N., & Ponorogo, K. (2018). Pengembangan media.

Rumah, T., Pakaian, D. A. N., Nusantara, A., & Jawa, D. I. (2016).

Perancangan Buku Pop-Up Sebagai Media Pembelajaran. 04, 494–501. Seminar, P., Pendidikan, N., Pascasarjana, P., Pgri, U., Online, J., & Pgri,

U. (2019). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 382–397. Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammad Sholeh. 4(I), 138–150.

Sosiawan. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Mengunakan Pengalaman Langsung Kelas Iv.

Studi, P., Pendidikan, T., Kurikulum, J., Teknologi, D. A. N., Pendidikan, F. I.,

& Yogyakarta, U. N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Pop-Up Mata Pelajaran Ipa Untuk Anak Tunarungu.

Studi, P., & Perpustakaan, I. (2016). No Title. September, 10–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.