PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PEMBELAJARAN VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MATEMATIKA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran alat permainan edukatif ular tangga matematika dengan pembahasan pokok volume bangun ruang kubus dan balok. Desain penelitian ini menggunakan model R&D menurut Borg & Gall dengan tahapan sebagai berikut (1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan Desain, 6) Uji coba produk, Subjek pada penelitian ini adalah 12 siswa kelas V SDN Jetak, Wedarijaksa, Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket respon guru dan siswa, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang mengkombinasikan antara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian angket validasi ahli dan media, respon guru dan siswa, soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 3,1 termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata skor 3,4 dengan kategori sangat layak. Respon guru rata-rata skor 3,6 atau sangat layak untuk digunakan. Respon siswa rata-rata skor 3,6 yang berarti sangat layak untuk digunakan. Hasil pretest siswa memperoleh rata-rata 53,75 dan hasil posttest memperoleh rata-rata 82,9 sehingga memiliki kenaikan sebesar 29,15 point atau setara 54,23%. Dengan demikian Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk pembelajaran volume bangun ruang kubus dan balok matematika kelas V SDN Jetak dinyatakan Efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pembelajaran Matematika serta dibuktikan dengan hasil signifikansi uji T sebesar 0,007 < 0,05 yang berarti Ha diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aniq. (2013). Alat Peraga Matematika. Jurnal Tarbawiyah 11(1), 1-15, 7.
Arikunto. (2006). Pengembangan Alat Permainan Edukatif. Jurnal Tarbawiyyah, 8.(2), 160-165.
Bahrun, A. (2018). Pengembangan Media Ular Tangga. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5.(3), 383-385.
Borg&Gall. (1983). Metode Penelitian Research and Development. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: CV Yrama Widya.
Dewantara, K. H. (2013). Pemikiran, Konsepsi, Keteladana, Sikap Merdeka bagian I pendidikan. universitas sarjanawiyata tamansiswa: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST-Press) bekerjasama dengan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Hamarik. (2017). Pengembangan Media Permainan Ular tangga. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 6.(2),140-147.
Hasbullah. (2015). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 16, 2.
Priyanka, M. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, Departemen Sosial Republik Indonesia, 2004, 2.(1), 1-15.
Putri&Ramli. (2016). Pengembangan Media Ular Tangga. Jurnal BK UNESA, 4(3), 7.
Setyawan, R. d. (2020). Analisis kesulitan belajar matematika materi bangun ruang kelas V. jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 3.(5), 2-8.
Siswoyo, J. (2019). pengembangan alat permainan edukatif ular tangga matematika pokok luas bagun datar untuk siswa kelas V. pengembangan alat permainan, 3.(2), 10-20.
Haqiqi, A. (2017). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Kelas VII. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(6), 214-231.
Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). Layanan Bimbingan Karier Untuk Siswa SMP Kelas IX. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(4), 151-157.
Putra, N. S. C., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2020). Pengembangan Aplikasi Ular Tangga Digital Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri Rejoso 1 Kabupaten Blitar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, Pp. 511-513).
Refbacks
- There are currently no refbacks.