PENGEMBANGAN MEDIA LINCA (LINGKARAN BACA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan media pembelajaran berupa linca dalam bentuk papan yang dibuat lingkaran berisi huruf abjad yang bisa diputar ; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa linca pada pengembangan kemampuan membaca siswa untuk peserta didik kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri Bakung 2 berjumlah 25 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas I untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa linca dalam bentuk papan yang berisi huruf abjad untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa linca dalam bentuk papan yang dibuat lingkaran berisi huruf abjad yang bisa diputar 2) kelayakan media pembelajaran linca dalam bentuk papan yang dibuat lingkaran berisi huruf abjad yang bisa diputar yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 80% berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan, ahli desain dengan persentase 82,8% dengan kriteria layak 3) dengan persentase adalah 77,6%, penilaian guru dengan kriteria adalah layak 4) hasil respon peserta didik dengan persentase 87,9% dengan kriteria layak. Kemudian keefektifan media dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai pretest-posttest 61,8 menjadi 87,96 yang dapat dikatakan naik sebesar 42%. Data ini didukung oleh hasil uji-T dengan signifikansi 0,000<0,05 yang berarti media ini signifikan meningkat hasil belajar kemampuan membaca kelas 1 di SD Bakung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Devitawati, engla. (2017). Efektivitas Media Kincir Kata Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Harapan Dharmawanita Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Lectura: Jurnal Anak Usia Dini, 1(1), 12–21..
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hidayah, O. N., & Fathoni, A. (2022). Keefektifan Model Pendampingan Bedah Kalimat dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif. Jurnal Basicedu, 6(3), 5044–5051. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3015
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. 2(1).
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Menulis Permulaan ( MMP ) di Sekolah Dasar [ Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing ( MMP ) in Primary School ]. 8(2), 189–200. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Refbacks
- There are currently no refbacks.