PENGEMBANGAN MEDIA DAPINKA (DADU PINTAR PERKALIAN ) UNTUK PEMBELAJARAN MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN SISWA KELAS 4 SD

Elina Yus Vinar, An nisaa’Sri lestari, Muhammad Naufal Satrio, Nurul Kasanah, Rani Setiawaty, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan Media pembelajaran berupa DAPINKA (Dadu Pintar Perkalian) Pada Materi Operasi Hitung Perkalian; 2) Mengetahui respon Peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa DAPINKA ada Materi operasi Hitung Perkalian untuk Peserta didik kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian R & D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall.) Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IV SD N 1 Prambatan Kidul Kudus berjumlah 28 orang Peserta didik dan Instrumen Pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli Media dan Guru SD untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa DAPINKA untuk pembelajaran Matematika. Jenis Data yang dihasilkan adalah data Kualitatif dan Kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran DAPINKA 2) kelayakan media pembelajaran DAPINKA yang telah dikembangkan adalah layak dengan Persentase 78 % berdasarkan penilaian ahli media 1 dan 2 tahap akhir setelah perbaikan, Penilaian Guru dengan Persentase 82 % dengan kriteria sangat layak 3) Hasil respon peserta didik dengan persentase 95 % dengan kriteria sangat layak.4) Kelayakan Hasil pretes 81 sedangkan hasil postes mengalami kenaikan 11 % dengan hasil 91.


Keywords


Dapinka; Perkalian; media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2018. Tujuan Pembelajaran Matematika. Jakarta: PRIMA.

Ahmadi, Abu, and Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Amalia, Dea Rizka, Faizal Chan, and Muhammad Sholeh. 2022. “Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (3): 1349–58.

Apri Wahyudi, Choirudin. 2007. “PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BERBASIS MONTESSORI” 1 (2004): 2234–39.

https://doi.org/10.16285/j.rsm.2007.10.006.

Erviana, Vera Yuli, and Muslimah Muslimah. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 11 (1): 58–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798.

Indah, Putri Juliana, Bagus Ardi Saputro, and Riris Setyo Sundari. 2020. “Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pada Masa Pandemi (Covid-19) Di Sekolah Dasar.” DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3 (2): 129–38. https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.35479.

Kurniawan, Aldi, and Alfurqan. 2023. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 36 LUBUK PASING PESISIR SELATAN.” F O N D A T I A Jurnal Pendidikan Dasar 7: 424–34.

Kusumaningrum, Novia, and Honest Ummi Kaltsum. 2022. “Efektifitas Media Pembelajaran Multiply Card Dalam Pembelajaran Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (3): 4913–24. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2962.

Kusumasari, Dian Aprilia, Kiswoyo, and Ryky Mandar Sary. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasa.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 6 (1): 104–17. http://online- journal.unja.ac.id/index.php/gentala.

Meianti, A. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual PowToon Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 06: 109–14.

Setiyowati, R. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Permainan Congklak Pada Siswa Kelas II SD Negeri 182/I Hutan Lindung.” Skripsi, 1–14. https://repository.unja.ac.id/2243/.

Sulistiani, Ika Ratih. 2016. “PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET (MANIK –MANIK DAN SEDOTAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SD DINOYO 1 MALANG.” Jurnal Ilmiah

Vicratina 10 (1).

Zsalsabhilla Afiya Riska. 2022. “PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA DI KELAS III SD AL-ITTIHADIYAH.” UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.