PENGEMBANGAN MEDIA KWARJA (KARTU KWARTET SEJARAH) PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA

Syifa Salsabila Nauha, Indriyani Ningkrum, Arneta Putri Dwi Amanda, Aulia Miftahul Cahyani, Rani Setiawaty, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS yaitu berupa Kartu Kwartet Sejarah (Kwarja); mengetahui respon siswa dan guru terhadap kelayakan media media pembelajaran IPS berupa Kwarja pada materi sejarah kemerdekaan Indonesia tema 7 kelas V SD. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode R&D yang mengadopsi pengembangan teori dari Borg & Gall. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Bategede, Desa Bategede, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara yang berjumlah 30 peserta didik dan instrumen yang digunakan yaitu berupa angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media IPS untuk menguji tingkat kelayakan media pembelajaran berupa Kwarja untuk pembelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis berdasarkan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan tingkat kelayakan produk media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media pembelajaran IPS berupa Kwarja; 2) tingkat kelayakan media pembelajaran IPS Kwarja yang telah dikembangkan adalah layak dengan persentase 98,2%, dan ahli media desain dengan persentase 97,9% dengan kriteria layak; 3) dengan persentase 97,5%, penilaian respon guru dengan kriteria layak; 4) hasil dari respon peserta didik dengan persentase 92,3%, dengan kriteria layak; 5) hasil rata-rata pretest dan posttest peserta didik yaitu 67 dan 78 sehingga terjadi peningkatan sebesar 16,4%. Berdasarkan hasil tersebut media Kwarja dikatakan efektif dalam pembelajaran IPS materi sejarah kemerdekaan Indonesia serta dibuktikan dengan hasil signifikansi uji T sebesar 0,000<0,05 yang berarti Ha diterima.


Keywords


Kwarja; sejarah; IPS; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dafingatun, Sutaryono, & Widagdo, A. (2020). Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Tai Pada Muatan IPS: Jurnal Kreatif Jurnal Kependidikan Dasar, 10, 182–189. https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23611

Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar The Development Of Quartet Card Media In Learning Pembelajaran Ips Sekolah Dasar The Development Of Quartet Card Media In Learning. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8, 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992

Hae, Y., Tantu, Y. R. P., & Widiastuti, W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1177–1184. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.522

Lestari, I., & Arsyad, M. N. (2019). Kartu Kuartet Peristiwa Dan Tokoh Sejarah Sebagai Media Utomo Malang. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 300–306.

Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Journal On Teacher Education, 4, 54–61. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5680

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Nisa Awaliyah, Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2021). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Tema 7 Subtema 2 Di Indonesia. Cendekiawan, 3(2), 124–133. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.205

Nurfadhillah, S. (2021a). Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI.

Nurfadhillah, S. (2021b). Media Pembelajaran Di Jenjang SD. Sukabumi: CV Jejak.

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional, 3(2), 96–105.

Qirom, M. S., Sridana, N., & Prayitno, S. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill Matematika Lingkup Materi Ujian Nasional SMP/Mts di SMPN 1 Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3(1), 61–70.

Rohmah, H. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Stem pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 117–123. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.7900

Setiawati, T., Haki Pranata, O., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran Ips untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 1, 11.

Verdiana Tasrief, R. N. C., & Surya Patria, A. (2020). Perancangan Kartu Kuartet Budaya Jawa Timur Untuk Siswa SD. Jurnal Barik, 1(3), 16–27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.