PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PaKStickPer (PAPAN KANTONG STICK PERKALIAN) UNTUK SD KELAS III

Eria Natifa Rahmadani, Laela Nuriyah Rahmawati, Yuliana Novitasari, Rizkiyanti Khoirunnisa, Noor Laily Hasanah, Rani Setiawaty, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Kurangnya minat siswa dalam belajar matematika, khususnya konsep perkalian, menjadi kendala yang melanda pembelajaran matematika di SD N 3 Jojo. Sepuluh siswa menyatakan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang paling menantang berdasarkan pengamatan. Untuk mengatasi masalah kurangnya pemahaman tentang konsep perkalian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis alat bantu visual. Produk yang dihasilkan adalah papan stik stik perkalian atau dikenal juga dengan PaKStickPer yang digunakan oleh siswa kelas III SD N 3 Jojo untuk belajar perkalian. Kajian ini menggunakan bentuk strategi Research and Development Borg and Nerve yang terdiri dari: (1) kemungkinan dan isu; 2) bermacam-macam informasi; (3) Rencana Barang: (4) Validasi desain; 5) mendesain ulang desain; 6) uji coba Subyek kajian ini adalah 10 siswa kelas 3 SD N 3 Jojo. Metode pengumpulan informasi yang digunakan adalah polling reaksi pendidik dan survei reaksi siswa terhadap media pembelajaran PaKStickPer. Hasil akhir dari penelitian ini adalah: (1) telah dikembangkan media pembelajaran matematika PaKStickPer; 2) kelayakan media pembelajaran matematika PaKStickPer dinyatakan sangat layak dengan persentase 81,1% berdasarkan penilaian ahli materi; 3) penilaian ahli media didapatkan persentase 81,1% dengan kriteria sangat layak;

hasil respon siswa memiliki persentase 100% yang termasuk kriteria sangat layak; dan

hasil pretest siswa rata-rata 71,1, sedangkan hasil posttest siswa rata-rata 84,4 Dapat diduga bahwa media pembelajaran PakSticker yang diterapkan pada kelas III telah berkembang sebesar 13,3 fokus atau 18%. Setelah itu, signifikansi uji-t menunjukkan nilai 0,000-0,05 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian..


Keywords


media pembelajaran; matematika; perkalian

Full Text:

PDF

References


Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (n.d.). (2021). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran. MEDIA PEMBELAJARAN.

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. In Jurnal Civic Education (Vol. 3, Issue 1). http://sulut.bps.go.id/.

Nuraini, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 799. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2957.

Parnabhhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. In Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR (Vol. 1, Issue 1).

Wijaya, R., & Yadewani, D. (2022). Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar Dengan Metode Jarimatika : Belajar Menjadi Menyenangkan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2).

Zaenal Fais, M., Listyarini, I., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. In Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Vol. 3, Issue 1).

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang system pendidikan nasional.

Sukardjono. (2019). Filsafat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Maskar, S. & Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema: Jurnal Pendidikan Metematika. 1(1).

Maskar, S. (2020). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar untuk Siswa SMP/MTs dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. PRISMA.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), Ulfa, Marchamah. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Pemahaman Konsep. Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Metematika.

Saputra, V.H. & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1).

Madcoms. (2019). Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CS6. Yogyakarta: Andi Publisher. Kartikasari, A., & Rahmawati, I. (2020). Pengembangan Media Game Moou Train Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Untuk Siswa Kelas Iii Sd. JPGSD. Lestari, S. (2019). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Nuraeni, D., Uswatun, D. A., & Nurasiah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Kognitif Matematika Materi Sudut Menggunakan Video.

Riduwan. (2019). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Sundayana. (2020). Media dan alat peraga. Alfabeta.

Sundayana. (2019). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Anggraini, M., Marthasari, G. I., & Husniah, L. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Berbasis Android.

Agustin, Mubiar. (2019). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.