PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Arinda Indiwara Putri, Ira Maya Shofa, Anisa Apriliani, Isnaini Khusna, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa media papan pintar Pancasila yang memuat nilai pancasila untuk pembelajaran offline. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar kewarganegaraan siswa serta sebagai media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami arti dari setiap sila pada Pancasila melalui media papan pintar. Berdasarkan aspek kevalidan, kemenarikan media, kemudahan penggunaan, serta efektivitas media pembelajaran maka, media papan pintar Pancasila sangat disarankan untuk digunakan dalam membantu siswa kelas II SD untuk memahami materi nilai Pancasila dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahap penelitian, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan analisis terkait dengan pemahaman nilai -nilai Pancasila. pada tahap desain dilakukan perancangan dalam pembuatan papan pintar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. pada tahap pengembangan merupakan keberlanjutan dari apa yang sudah dirancang yaitu, penyusunan konten sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. tahap implementasi memasukkan konten ke dalam media papan pintar. Pada tahap evaluasi peneliti melakukan perbaikan terhadap beberapa aspek yang dinilai kurang berdasarkan data yang didapat pada tahapan yang dilakukan sebelumnya

Keywords


Hasil Belajar; Media; Model; Nilai

Full Text:

PDF

References


Haninda, Shoffy Nur, and Hendrik Pandu Paksi. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARGO PANCASILA UNTUK MEMBANTU SISWA SD MEMAHAMI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.” JPGSD, vol. 10, no. 4, 2022, pp. 2013–15.

Munawaroh, Isniatun. “Pembelajaran 2 Karakter Peserta Didik.” Modul Belajar Mandiri, 2021, pp. 45–64.

Mutofifin, Muhammad, et al. “Pengaruh Metode Mind Mapping Berbantu Gawai Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Ilmmiah Wahana Pendidikan, vol. 8, no. September, 2022, pp. 288– 97.

Noviati, Pupung Rahayu. “Penerapan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 47–57, https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2686.

Pramitasari, Indah. “Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 68–76, https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47.

Sa’diyah, Melani Khalimatu, and Dinie Anggraeni Dewi. “Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, 2022, pp. 9940–45.

Setyaningsih, Retno Wahyu, and Vicky Dwi Wicaksono. “PENGEMBANGAN LKS BERBASIS TERKOTIF PADA PEMBELAJARAN PPKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SDN BABATAN I/456 SURABAYA.” JPGSD, vol. 07, no. 07, 2019, pp. 3808–17.

Sianturi, Yohana R. U., and Dinie Anggraenie Dewi. “Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter.” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 5, no. 1, 2021, pp. 222–31, https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.