PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR

Imam Fikri Alfani, Ana Latifatul Hikmah, Retno Rhisalatul Umami, Siti Mulya Sari, Hidayatun Nisak, Rani Setiawaty, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi pemahaman soal cerita materi pecahan; 2) mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap kelayakan media pembelajaran video animasi pemahaman soal cerita materi pecahan untuk peserta didik kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang diadopsi dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Bategede yang berjumlah 29 peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru dan siswa sekolah dasar untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa video animasi pemahaman soal cerita materi pecahan. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah :1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa video animasi pemahaman soal cerita materi pecahan; 2) kelayakan media pembelajaran video animasi pemahaman soal cerita materi pecahan yang telah dikembangkan mendapatkan rata-rata skor 3,45 dengan klasifikasi baik berdasarkan penilaian ahli materi, untuk penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 3,65 dengan klasifikasi baik; 3) rata-rata nilai respon guru 3,6 dengan kriteria baik; 4) rata-rata nilai respon peserta didik 4,8 dengan kriteria sangat baik; 5) rata-rata nilai pretest 72,07 dan nilai posttest 77,93, sehingga persentase kenaikan sebesar 8,13% dengan nilai signifikansi 0,070. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi sangat layak digunakan dalam pembelajaran soal cerita pada materi pecahan.

Keywords


video animasi; pemahaman soal cerita; materi pecahan

Full Text:

PDF

References


Atiqoh, K. S. N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11687

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257

Mandasari, N. (2018). Elaborasi Kognitif Dalam Proses Abstraksi Konsep Matematika. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang 05 Mei 2018, 5(5), 399–405.https://jurnal.univpgri palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1905

Mata, K., & Semester, K. (2020). Program Studi Pendidikan Matematika Silabus. 5, 56–61.

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Pangaribuan, F., Sinaga, J. A. B., & Herman, H. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa (Las) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Konsep Pembagian Pecahan Di Sd Negeri 095173 Sihemun. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 69–76. https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.15

Pribadi, B. A. 2017. Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Rismayanis, A., Kusnandar, N., Juanda, R. Y., Jurnal, I., Perkalian, M. G.,

Pemahaman, K., Perkalian, M., Rismayanis, A., & April, U. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gelas Perkalian Materi Perkalian ( Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas Ii Sdn Gudang Kopi Ii Kecamatan Sumedang Selatan. Https://Ejournal.Unsap.Ac.Id/Index.Php/Jesa, 6(1), 10–18. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/11/21%0Ahttps://ejou rnal.unsap.ac.id/index.php/jesa

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649

Sudono Anggani. (2022). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta : PT Grasindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : Alfabeta

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia, 04(01), 321–330.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.