PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA PANCALIS KELAS 1 SDN 2 HADIPOLO

Sefi Amiqotun Fikriyyah, Vira Ayu Ningrum, Lisa Putri Wihana, Rizqi Alamsyah Permana, Yunia Filiyanda, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I SDN 2 Hadipolo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tergolong rendah dibuktikan dengan nilai UAS siswa kurang dari KKM. Salah satu penyebab kemampuan membaca dan menulis siswa rendah adalah proses pembelajaran masih menggunakan media konvensional. Selain itu, pembelajaran hanya berpusat kepada guru yang membuat siswa menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SDN 2 Hadipolo melalui penggunaan media pembelajaran dengan metode penelitian Research and Development (R&D). Metode R&D digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran Pancalis yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas 1 SDN 2 Hadipolo. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian R&D (Research and Development) ini adalah meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas 1 SD. Penelitian R&D (Research and Development) ini dilaksanakan beberapa tahapan dengan jumlah siswa 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pancalis telah memenuhi kriteria layak 95% dari ahli media. Sedangkan dari respon siswa kelas 1 menunjukkan bahwa media pembelajaran Pancalis sangat layak digunakan dengan persentase 98,3%. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test memperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pada nilai post-test siswa, dan diperoleh dengan kategori tinggi sebanyak 6 siswa, kategori sedang sebanyak 3 siswa, dan kategori rendah sebanyak 1 siswa, maka dapat dinyatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Pancalis yang diterapkan pada siswa kelas 1 SDN 2 Hadipolo. Sehingga siswa menunjukkan minat yang tinggi dan keterlibatan aktif pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia.


Keywords


Penelitian; R&D; Membaca; Menulis; Pancalis

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2021). Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6796

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298

Ferdiansyah;, & Ambiyar; (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098

Hadyanti, P. T. (2022). Problematika Pembelajaran Menulis Permulaan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 886–893. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2032

Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 76–87.

Maluku, P. (2023). Kerangka Sementara Metode Comparative dan Pre Test-Post Test Draft Framework for Comparative and Pre-Test-Post-Test Methods ( Dataset ). 1–9.

Parawansa, K. I., SriHaryanto, & Pamungkas Stiya Mulyani. (2022). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Klesman. Jurnal Informatikadan Teknologi Pendidikan, 2(2), 72–78.

Penelitian, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Dasar, J. P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tanjungpura, U. (2013). Media Pembelajaran Ipa Kelas Vi.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: WaRachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184wancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40.

Satrio, A., & Rini, T. P. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamification Pengenalan Lingkungan Lahan Basah Untuk Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(4), 386. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.39591

Sukardjo. 2008. Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Prodi Teknologi Pembelajaran. PPs. UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.