PORTAL KONSULTASI KESEHATAN DI KABUPATEN KUDUS BERBASIS WEB RESPONSIVE

Amrina Amalia Rosyada, Nanik Susanti, Syafiul Muzid

Abstract


Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan yang terus meningkat menimbulkan dampak positif terhadap perkembangan pada bidang kesehatan. Hal tersebut ditandai dengan munculnya berbagai penyedia pelayanan kesehatan tak terkecuali dokter praktek. Namun untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dipicu oleh beberapa alasan mulai dari terdapat sebagian orang yang merasa canggung atau malu untuk melakukan konsultasi secara langsung, pasien harus meluangkan waktu untuk datang ke tempat pelayanan kesehatan, banyaknya antrian pasien membuat beberapa orang malas melakukan kontrol kesehatan, selain itu juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Penelitian ini menggunakan pengembangan waterfall dengan analisa kebutuhan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil analisis pada perancangan sistem akan digambarkan menggunakan metode UML (Unified Modelling Language) dan implementasinya dalam sebuah web responsive dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil dan manfaat dari portal konsultasi kesehatan di Kabupaten Kudus berbasis web responsive ini adalah sebagai wadah yang memudahkan antara pasien dan dokter praktek di Kudus dalam melakukan konsultasi kesehatan.

Keywords


Portal; Dokter; Konsultasi Kesehatan; Web Responsive

Full Text:

PDF

References


Aliyanto, W., & dkk. (2021). Pengembangan Telehealth sebagai Solusi Mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Jurnal Kesehatan, Volume 12, Nomor 1.

Iqbal, M. (2011). Pengembangan Web Portal Universitas Menggunakan Jquery Pada Stmik Islam Internasional Jakarta.

Liusputri, C., & dkk,. (2021). Perancangan Website Ecommerce Apotek Lystia Farma. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 18.

Octaviani, E. S., & dkk. (2018, ). Rancang Bangun Aplikasi Konsultasi Online Untuk Gangguan Jiwa Berbasis Web. Jurnal ASIIMETRIK, volume 1.1, 01-10.

Sallaby, A. F., & Kanedi, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Media Infotama.

Sholiq. (2006). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Graha Ilmu, [1].

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek .

Sulila, I., & dkk. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web Pada Klinik Gocare. Journal Of System And Infromation Technology P-ISSN E-ISSN, Volume 1, No. 1.

Zins, K., & Elliot . (1993). Handbooks of Consultation services for children. Jossey Bass.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.