PENGEMBANGAN MEDIA PPT INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT NEGATIF UNTUK KELAS VI

Satriyo Bagus Kurniawan, Naela Evi Amelia Putri, M. Sahrul Roziqin, Tasya Nuzulul Rohmah, Lukluil Maknun, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan media PPT interaktif berbasis kearifan lokal pada materi perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif; 2) mengetahui respon siswa terhadap kelayakan media PPT interaktif berbasis kearifan lokal pada materi perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif, dengan rumusan masalah siswa di SD 2 Burikan guru belum menggunakan media pembelajaran berbasis IT. Penelitian ini menggunakan pengembangan dari Research and Development (R&D) Borg dan Gall. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif. Instrumen pengumpulan ini dilakukan dengan wawancara, tes, angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas 6 untuk menguji kelayakan media PPT interaktif berbasis kearifan lokal pada materi perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 2 siswa perempuan dan 8 siswa laki- laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan PowerPoint interaktif berbasis kearifan lokal sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan media pembelajaran matematika dalam bentuk PowerPoint interaktif berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 84% berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan, ahli media dengan persentase 96% dengan kriteria sangat baik (valid) 3) dengan persentase adalah 91%, penilaian guru dengan kriteria adalah valid 4) hasil respon peserta didik dengan persentase 86% dengan kriteria sangat praktis.


Keywords


PPT interaktif; kearifan lokal; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aisyah Fadilah, K. R. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), Vol 1 No 2 Hal 01-17.

Ardian Asyhari, H. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 5 No 1 Hal 1-13.

Arief S. Sadiman, R. R. (2018). Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Asnurul Isroqmi, R. V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Program Visual Basic pada Materi Barisan Aritmatika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol 11 No 1 Hal 331-341.

Atika Riani, M. O. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 4 No 4 Hal 1819-1825.

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power PointSebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPKM), Vol 1 No 2 Hal 34-41.

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Maryana, S. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan Ispring Quizmaker pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 2 No 2 Hal 53-61.

Meredith D. Gall, J. P. (2007). Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson/Allyn & Bacon.

Moh. Nazir, R. S. (2009). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Puspita Ayu Damayanti, A. Q. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, Vol 10 No 2 Hal 119-124.

Sudaryono, G. M. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan: (research and development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutama. (2010). Metode Penelitian Pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Repository: Fairuz Media.

Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Vera Yuli Erviana, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol 11 No 1 Hal 58-67.

Wina Sae Mutia, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Melalui Animasi Power Point terhadap Siswa Kelas V SDN Parung Panjang 06. Elementary School, Vol 8 No 2 Hal 351 – 360.

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol 1 No 2 Hal 26-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.