IMPLEMENTASI MEDIA PAPAN BACA ANGKA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 1 DI SD 1 KUWUKAN

Ayu Paramastuti, Azizah Maharani, Suci Laila Amalia Azizah, Farida Adilla, Muhammad Bahrul Ulum, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Media Pembelajaran Papan Baca Angka (PANCAKA) merupakan media pembelajaran yang mengajarkan siswa memahami angka dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris masih jarang disukai siswa sekolah dasar, terutama siswa kelas 1, karena pembelajaran Bahasa Inggris dianggap pembelajaran yang susah terutama dalam membaca angka Bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah media pembelajaran yang mudah dipahami dan memotivasi siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 di SD 1 Kuwukan yang berjumlah 14 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan pretest-posttest. Pembuatan media pembelajaran menggunakan tulisan, warna, dan gambar yang menarik perhatian siswa, dengan adanya media pembelajaran Papan Baca Angka (PANCAKA) dapat menumbuhkan semangat belajar siswa, pembelajaran Bahasa Inggris dengan adanya media pembelajaran interaktif memudahkan siswa untuk membaca dengan baik dan benar, serta mengerti contohnya dengan mengejanya dan membacanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran “PANCAKA” ini layak dan efektif digunakan dalam Kelas 1 di SD 1 Kuwukan dengan persentase 92% menurut validasi ahli media. Berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa pada Siklus I sebesar 62,50% dengan rata-rata 66,13 dan pada Siklus II sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 77,88. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Siklus I hasil belajar belum sesuai harapan dengan indikator belum tercapai, sedangkan pada Siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan dengan indikator keberhasilan sudah tercapai dengan kenaikan Siklus I dan Siklus II yaitu sebesar 25%.


Keywords


media pembelajaran; angka; Bahasa Inggris diseminasi

Full Text:

PDF

References


A. A. G, A. (2010). Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha. Pengantar Evaluasi Pendidikan, 110.

Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian, 124.

Dr. Mu'alimin, M. d. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Teori dan Praktek.

Pasuruan: Ganding Pustaka.

Elliot, J. (1982). Penilaian Tindakan Kelas. 78.

KEMENDIKBUD. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA Nomor

Tahun 2003 Pasal 40 Ayat 2. Jakarta: Sekretaris Neagara Republik Indonesia.

KEMENDIKBUD. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan).

Latuheru, J. D. (1988). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini, 14.

Nugroho, S. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Pengenalan Dasar Bahasa Inggris Untuk Kelas satu dan dua Pada Sekolah Dasar Negeri Kacangan 2, 90-93.

Sudijono, A. (1996). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Pengantar Evaluasi Pendidikan, 70.

Sutikno. (2014). Model Pembelajaran Inquiry Based Learning. 83.

Wijayanto, R. (2014). AMIK Bina Sarana Informatika. PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS 2 PADA MI NURUL FALAH CIATER, 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.