MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO MATERI NILAI PANCASILA BERBASIS QR CODE UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD 6 CENDONO

Selly Maria Margaretha, Lela Ayu Septyani, Hanik Noor Solikhah, Mutiara Natasya Mu’afida, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Artikel ini memiliki tujuan utama untuk mendeskripsikan bagaimana media pembelajaran domino nilai pancasila berbasis QR code untuk pembentukan karakter siswa di SD 6 Cendono. Untuk memahami fenomena tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Untuk mengumpulkan data dilapangan digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa masih minimnya penggunaan media pembelajaran saat proses KBM berlangsung sehingga siswa mudah merasa jenuh dan bosan. Karakter yang dimiliki siswa cenderung menurun dibuktikan dengan belum mampu sikap dengan baik saat ada guru di kelas. Siswa masih cenderung kesulitan untuk memahami materi dari guru. Sehingga perlu adanya inovasi media pembelajaran agar siswa mudah menerima materi, suasana kelas kondusif dan tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan demikian media pembelajaran perlu diterapkan untuk pembentukan karakter siswa.


Keywords


karakter; domino; media

Full Text:

PDF

References


Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art6

Ii, B. A. B. (2012). BAB II LANDASAN TEORI A. Media Visual. 14–45.

Ii, B. A. B., Teori, A. K., & Merdeka, K. (2022). (Aprima & Sari, 2021) . 10–28.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. E-Jurnal STKIP Pesisir Selatan - Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 4. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp

Khoirinnida, Y., & Rondli, W. S. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI ERA PANDEMI COVID-19. 21(3), 326–335.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu- Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PE MBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA- PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-

Muhammad Ali, R. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.

N, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Susanti, Affrida, Z., & Fahyuni, E. F. (2017). Jenis Jenis Media Dalam Pembelajaran. Umsida, 1(1), 5–6.

Tseng, Y.C., Kuo, S.P., Lee, H.W., & Huang, C.F. (2004). Location tracking in a wireless sensor network by mobile agents and its data fusion strategies. The Computer Journal, 47(4), 448–460.

Usman, M. R., Syahri, A. A., & Bahar, E. E. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di Tinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.7175

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. 129.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.