IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn PADA SISWA DI SDN 1 KRAGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui implementasi media komik pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar 2). Apakah media komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling yang merupakan data sekunder. metode penelitian ini menggunakan observasi yang dilaksanakan di SDN 1 Kragan. Media yang diimplementasikan dengan model CTL variasi talking stick. Media komik dapat membantu meningkatkan hasil belajar pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar. Simpulan hasil penelitian ini adalah 1). Komik diberikan lalu siswa mempelajarinya lalu siswa melakukan diskusi kelompok dan guru mengevaluasi 2). Media komik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darniyanti, Y., Efriani, N., & Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila PPKn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan, 30(3), 455. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1789 Dasar, K. (n.d.). Floder.
Fenn-Berrabaß, C. (2001). Öffnen - Verwendung von PEEL-Folien. VDI Berichte, 1589, 105–112. Lubis, M. A. (2018). Peran Media Komik Dalam Pembelajaran Pkn Yang Inovatif Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sereal Untuk, 51(1), 51.
Masfufah, S., Damanhuri, D., & Rahman, I. N. (2021). Developing Comic Learning Media on Civics Subject At Grade Iv Sdn Cibomo. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 777. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8103
Noho, M., & Ternate, I. (1907). KONSEP SOSIOLOGI PENDIDIKAN (Analisis Makro, Meso dan Mikro Sosiologi Pendidikan) Iswar Ismail Ohoitenan. Jurnal Kajian Pendidikan KeislamanVol, 1, 11.
Nurdiana Sari, W., Shokib Rondli, W., Khoirun Nisa, U., & Nihayati, I. (2023). Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PPKn di SD Negeri Pulorejo 02. Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 130–134.
Refbacks
- There are currently no refbacks.