PEMAHAMAN NILAI PANCASILA MELALUI KEGIATAN PENYULUHAN RAMBU LALU LINTAS SDN 02 PANJANG

Shollu Maulida Anjelifa, Diah Fatmasari, Nihayatur Rohmah, Wieline Dewi Azzahra, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Nilai-nilai dasar pancasila itu sendiri adalah sesuatu yang bersifat universal, pada dasarnya manifestasi hati nurani tentang kewajiban keyakinan kepada Tuhan sebagai hak yang paling mendasar, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, keindahan persatuan, penghargaan dan pengutamaan atau falsafah dan kebijaksanaan. Dan deklarasi penghargaan, penghormatan, dan perjuangan untuk keadilan egaliter. Tujuan dari penelitian ini adalah mewujudkan transportasi jalan yang aman, selamat, cepat, lancar, tertib, nyaman, dan efisien, serta berperan sebagai penggerak dalam mendorong pertumbuhan pembangunan nasional yang mantap. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei oleh guru dan peserta didik. Nilai fundamental tidak dapat sepenuhnya bermakna tanpa rumus dan parameter atau matrix yang jelas dan konkret. Jika nilai instrumental relevan dengan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari, maka nilai ini menjadi norma moral. Berpijak pada model pendidikan transportasi terpadu disiplin pendidikan kewarganegaraan, diharapkan kualitas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di dalam dan di luar kelas akan meningkat.


Keywords


Pendidikan; penyuluhan; rambu lalu lintas; PPKn; pasal-pasal

References


Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30–41. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Azzaki, R. A. (2022). Seminar Nasional Hukum Dan Pancasila Seminar Nasional Hukum Dan Pancasila. 1(8), 1–17.

Binaji, S. H., Nurharyanto, E., & Anshori, M. (2022). Pendidikan Berlalu Lintas Terhadap Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas Di Wilayah Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. Kajian Hasil Penelitian Hukum, 6(1), 311. https://doi.org/10.37159/jmih.v6i1.1792

Danu Anindhito, I. A. M. (2018). Kebijakan Hukum Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Anak Di Wilayah Polda Jawa Timur. Jurnal Hukum Khaira Ummah, 13(1), 183–192. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jhku/article/view/2598/1952 Edi Kusnadi, Melinda Fujiyuhani, E. J. (2020). Integrasi pendidikan lalu lintas pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuhkan kesadaran hukum peserta didik SMP. Seminar Nasional Kewarganegaraan, 2(0), 61–66. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/article/view/3661

Efendhi Prih Raharjo, Budi Mardikawati, I Made Sukmayasa, Dwi Wahyu Hidayat, Stefanus Sylvan Ryanto, A.A. Bagus Oka Khrisna Surya, A. M. C. R. (2022). Media Pembelajaran “ULTA-TERMANVI” pada Sosialisasi Tertib Berlalu-Lintas Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.52920/jkpmsenyum.v2i1.54

Eni Nurhayati, Galuh Kartika Dewi, Ery Rahmawati, Nurul Rahmawati, Dewi Qolbi Ma’rifatus Sholikhah, Lailatul Masruroh, Putri Suwarni, Rani Anggraini, Reka Angraeni Azmi, L. M. (2022). Edukasi Rambu Lalu Lintas Menggunakan Media Ular Tangga Di Sd Negeri Siwalanpanji. Jurnal PADI, 5(2003), 29–32. Ida Bagus Raka Surya Widnyana, C. D. D. (2019). Kewenangan Pemerintah Kota Denpasar Dalam Menertibkan Parkir Liar dibadan Jalan. Kertha Negara: Journal Ilmu Hukum, 1–15. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Kerthanegara/article/download/47250/28391

Kristiono, N. (2018). INTEGRASI PENDIDIKAN SAFETY RIDING DALAM MATA PELAJARAN PPKn SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN SADAR LALU LINTAS ( STUDI KASUS SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG ). Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS …, 3(1), z. Pendidikan, lalu lintas, PPKn, safety ridding.%0AHARMONY

Nurul Mufatikhah, Wawan Shokib Rondli, S. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Octavian, W. A. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila Terhadap Siswa Melalui Kegiatan Penyuluhan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 199–207. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10087

Raja Desril, Elviandri, Aksar, Raihana, Desi Sommaliagustina, T. W. L. (2018). Penyuluhan Hukum Keselamatan Lalu Lintas Sebagai Strategi Mewujudkan Budaya Patuh Hukum Lalu Lintas. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 93–103. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.764

Rumbadi. (2017). Pengenalan disiplin berlalu lintas terhadap anak usia dini dan anak usia sekolah dasar introducing traffic diciplines to earlier and elementary school children. Minda Baharu, 1, 88–97.

Sitorus, M. (2021). Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dan Budi Pekerti (G. Simanjuntak (ed.); 1st ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat. file:///C:/Users/ACER/Downloads/Kepercayaan_BS-KLS_X_Rev.pdf

Sudjana. (2017). Penyuluhan Hukum Dalam Upaya Peningkatan Kesadaran Hukum Berlalulintas Melalui Pemahaman Terhadap Isi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 124. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i2.6186

Suhermanto, Mulyati Pawennei, B. B. (2022). Dalam hal berlalu lintas, anak seringkali mengabaikan keselamatan dan kenyamanan saat di jalan raya bukan hanya bagi mereka sendiri tetapi juga bagi para pengendara lainnya, yang tanpa mereka sadari dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran.

Journal of Lex Generalis (JLS), 3(2).

T. Syarifuddin, R. E. L. (2022). Strategi Penanggulangan Pelanggaran Lalu Lintas Terhadap Remaja (Studi pada Satlantas Polresta Banda Aceh). Journal of Social and Policy Issues, 1(4), 176–181. https://doi.org/10.58835/jspi.v2i4.75

Yolanda Zipora, Cokorda Alit Artawan, A. T. W. (n.d.). Perancangan Kampanye Sosial Tentang Keselamatan Penyeberangan Bagi Sekolah Dasar Di Sidoarjo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.