SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN PANCASILA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permainan ular tangga sebagai media pembelajaran Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Peneliti memperoleh sumber data menggunakan hasil riset dari penelitian terdahulu dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis naratif. Hasil yang diperoleh setelah melakukan riset yaitu mengetahui cara menerapkan permainan ular tangga serta hasil yang diperoleh setelah menerapkan permainan tersebut. Simpulan pada penelitian kali ini menunjukan bahwa penerapan permainan ular tangga ini dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, seperti halnya menumbuhkan karakter, memiliki sikap peduli dan berjiwa nasionalisme. Permainan ular tangga ini tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan diantaranya keunggulan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sedangkan kelemahannya yaitu biaya yang dikeluarkan cukup besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, L. A., & Rochmadi, N. W. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Melalui Media Ular Tangga Kewarganegaraan Pada Mata Pelajaran Ppkn Improving Critical Thinking Skills of Viii Grade Students Through Civic Ladder Snake Learning Media in Pancasila and Civic Education. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 480–488.
Apriyanti, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Karakter Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas Ii Sdn Caturtunggal 7 Sleman. 473– 483.
Dewi, S., Lukman, N., & Nana, H. (2018). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 39–46.
Diana Friwahyuni, Hisbiyatul Hasana, I. K. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKATIF DALAM MENANAMKAN NILAI NASIONALISME PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN PENDAHULUAN
Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional yang terdapat pada Pasal. Journal of Early Childhood and Inclusive Education, 6, 53–60.
Elke Maisyarah, F. F. (2020). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.
Inawati, A., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Ular Tangga Berbasis Unity 3D Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMKN 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 96–108. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p96-108
Lestari, M. A., & Hermawati, E. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Menanamkan Karakter Berkebhinekaan Global pada Siswa SDIT Darul Amanah. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(1), 6–11.
Mufatikhah, N., & Rondli, W. S. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667
Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52–56. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i2.2955
Nugrahani, R. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44.
Raina Oktapiani, A. I., Sumardi, S., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga tentang Lahirnya Pancasila untuk IPS Kelas V SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 56–68. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24185
Sukmawati, Jamaluddin, Agusmita, Stevania, Putri, Ariyadi, Bulan, & F. (2022). Perkembangan Materi Hak dan Kewajiban Menggunakan Media. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 693–699.
Yudiyanto, M., Jamil Arifillah, M., & Ramdani, P. (2022). Penerapan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. 1, 1–13.
Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26–32. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.110
Anggraini, L. A., & Rochmadi, N. W. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Melalui Media Ular Tangga Kewarganegaraan Pada Mata Pelajaran Ppkn Improving Critical Thinking Skills of Viii Grade Students Through Civic Ladder Snake Learning Media in Pancasila and Civic Education. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 480–488.
Apriyanti, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Karakter Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas Ii Sdn Caturtunggal 7 Sleman. 473– 483.
Dewi, S., Lukman, N., & Nana, H. (2018). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 39–46.
Diana Friwahyuni, Hisbiyatul Hasana, I. K. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKATIF DALAM MENANAMKAN NILAI NASIONALISME PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN PENDAHULUAN
Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional yang terdapat pada Pasal. Journal of Early Childhood and Inclusive Education, 6, 53–60.
Elke Maisyarah, F. F. (2020). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.
Inawati, A., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Ular Tangga Berbasis Unity 3D Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMKN 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 96–108. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p96-108
Lestari, M. A., & Hermawati, E. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Menanamkan Karakter Berkebhinekaan Global pada Siswa SDIT Darul Amanah. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(1), 6–11.
Mufatikhah, N., & Rondli, W. S. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667
Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52–56. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i2.2955
Nugrahani, R. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44.
Raina Oktapiani, A. I., Sumardi, S., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga tentang Lahirnya Pancasila untuk IPS Kelas V SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 56–68. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24185
Sukmawati, Jamaluddin, Agusmita, Stevania, Putri, Ariyadi, Bulan, & F. (2022). Perkembangan Materi Hak dan Kewajiban Menggunakan Media. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 693–699.
Yudiyanto, M., Jamil Arifillah, M., & Ramdani, P. (2022). Penerapan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. 1, 1–13.
Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26–32. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.110
Refbacks
- There are currently no refbacks.